50 Persen Warga Binaan Tersandung Kasus Narkoba


SILAMPARI ONLINE
. Mengejutkan. 50 persen warga binaan atau Narapidana (Napi) Lapas Kelas IIA Curup didominasi Napi Kasus Narkoba. Jumlahnya mencapai 660 Napi. Plt Kepala Lapas Kelas IIA Curup, Hari Winarca mengaku saat ini Lapas Kelas IIA Curup sudah over kapasitas. Bahkan lebih dari dua kali lipat dari kapasitas dimiliki Lapas Kelas IIA Curup.

“Kapasitas dari Lapas Kelas IIA Curup ada 250 orang, namun yang ada saat ini mencapai 660 orang masalah over kapasitas sudah lama terjadi dan masalah seperti ini bukan hanya terjadi di Lapas Kelas IIA Curup namun hampir merata di seluruh Lapas. Dari 660 Napi ini 50 persen napi Narkoba,” ungkap Hari, Jumat (9/8).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Hari mengantasi masalah over kapasitas Lapas maka Kementerian Hukum dan HAM terus berupaya melakukan penambahan Lapas. Khusus untuk Bengkulu sendiri, menurut Hari Kemenkum HAM berencana membangun Lapas khusus Narkotika yang rencananya akan dibangun di Kabupaten Bengkulu Tengah. “Kanwil Kemenkum HAM Bengkulu sudah menyiapkan tanah di daerah Bengkulu Tengah untuk dibangun Lapas khusus Narkotika,” sambung Hari. (HS-06)