7 Parpol Miliki Fraksi Murni

Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan DPRD Empat Lawang, Gatmir SPd. Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Tujuh Partai Politik (Parpol) dinilai telah memiliki fraksi murni di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Empat Lawang (DPRD) Kabupaten Empat Lawang. Sedangkan empat partai lainnya masuk dalam fraksi gabungan.

Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan DPRD Empat Lawang, Gatmir SPd mengatakan, sebanyak sebelas Parpol memiliki kursi di DPRD Empat Lawang, yakni PAN, PDIP, Golkar, Demokrat, Nasdem, Gerinda, Perindo, PKS Hanura, PKB dan PPP.

Dari sebelas partai tersebut kata dia, tujuh parpol yang dianggap telah memiliki fraksi partai murni di DPRD Empat Lawang, dikarenakan ketujuh partai telah memenuhi standar syarat fraksi.

“Syarat untuk satu fraksi minimal tiga kursi perwakilan Parpol duduk di DPRD,” jelas Gatmir saat dibincangi wartawan, Senin (2/9/2019).

Sedangkan empat parpol lain lanjut dia, masih belum dipastikan masuk dalam fraksi mana, karena masih menunggu surat rekomendasi dari Parpol masing-masing.

“Rencananya hari ini (Senin) kita susun dan menunggu surat rekomendasi dari Parpol yang tidak memenuhi syarat membentuk fraksi sendiri, sebab ada empat partai yang perolehan perwakilan di DPRD dibawah tiga kursi,” jelasnya

Kemungkinan empat parpol tersebut bisa saja masuk dalam atau bergabung dengan parpol yang telah memiliki fraksi.

“Itu tergantung dari rekomendasi parpol masing-masing kita menerima saja surat yang telah ditentukan oleh parpol,” tukasnya.

Diketahui, komposi perolehan kursi di DPRD Empat Lawang antara lain, Partai Amanat Nasional (PAN) 7 kursi. Kemudian disusul PDIP sebanyak 6 kursi dan Golkar 4 kursi.

Selanjutanya Gerindra, Nasdem dan Perindo masing-masing 3 kursi, PKB dan Hanura masing-masing 2 kursi dan PKS bersama PPP masing-masing 1 kursi. (HS-05)