86 Desa di Lima Kecamatan Belum Sampaikan Hasil Musdes

Ilustrasi.net

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Sedikitnya 86 Desa yang ada di lima Kecamatan Bumi Lan Serasan Sekentenan belum menyampaikan hasil Musyawarah Desa (Musdes) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas (Mura). Padahal, sebagaimana tahapan seharusnya Musdes harus sudah diselesaikan.

“Dari 86 Desa yang belum sama sekali menyampaikan hasil Musdes tersebar di Lima Kecamatan diantaranya Muara Lakitan, Megang Sakti, BTS Ulu, Sukakarya dan TPK,” jelas Kepala DPMD Kabupaten Mura, Ahmadi Zulkarnain melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa, Rian Pratama kepada Harian Silampari, Selasa (13/8) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, untuk sementara ini baru 100 Desa yang sudah mengajukan hasil Musdes. Dimana, hasilnya telah disepakati 66 Desa pemilihan langsung dan 34 Desa melalui mekanisme musyawarah keterwakilan. “Saya minta bagi desa sudah melaksanakan Musdes agar segera menyampaikan hasil Musdes ke DPMD,” terangnya.

Menurutnya, ada beberapa Kecamatan yang sudah menyampaikan hasil Musdes. Namun belum keseluruhan seperti di Tugumulyo. Musdes diselenggarakan oleh BPD, selanjutnya hasilnya disampaikan ke Kepala Desa (Kades),”bebernya.

Selain itu, setelah Musdes telah dilakukan. Maka selanjutnya Kades membentuk sekaligus pelantikan panitia agar dapat bekerja dengan langkah awal pendataan daftar pemilih sementara (DPS) di Desa masing-masing sebelum ditetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT). “Setelah DPT ditetapkan maka selanjutnya pembukaan pendaftaran bakal calon (balon) pada 9-29 September dan Oktober mendatang pemilihan,”pungkasnya. (HS-03)