Ada Mobile JKN, Peserta Tak Lagi Repot Urus JKN-KIS

SILAMPARI ONLINE

BPJS Kesehatan memberikan kemudahan pesertanya untuk mengakses informasi dan administrasi melalui aplikasi Mobile JKN. Untuk memperkenalkan aplikasi tersebut kepada masyarakat BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau membuka stand Anjungan Mobile JKN di Taman Olahraga Silampari Kota Lubuklinggau, Minggu (17/02).

Muat Lebih

Dengan adanya aplikasi ini peserta dapat melakukan administrasi seperti mengganti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Tidak hanya itu, fungsi aplikasi Mobile JKN juga dapat digunakan untuk menampilkan kartu JKN-KIS digital, cek tagihan dan pembayaran iuran, dan mengakses informasi penting langsung dari smartphone. Ada juga fitur untuk konsultasi secara online dengan BPJS Kesehatan bagi peserta yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya.

“Sekarang karena ada aplikasi Mobile JKN rasanya jadi mudah pengurusan administrasi JKN-KIS. Kemaren waktu belum ada aplikasi ini, saya kalau ada yang mau di urus harus ke kantor BPJS Kesehatan. Tapi kalau sudah ada aplikasi ini saya tinggal buka hp terus tinggal update saja informasi yang ingin saya ubah,” terang Deni, salah satu pengunjung stand Anjungan Mobile JKN BPJS Kesehatan tersebut.

Keberadaan aplikasi ini diharapkan mampu mengurangi antrian peserta JKN-KIS di kantor BPJS Kesehatan sekaligus memberikan kemudahan peserta dalam mengakses informasi penting yang dibutuhkan peserta.

“Dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini, masyarakat dapat mengetahui aplikasi tersebut sekaligus dapat menggunakan untuk memfasilitasi peserta dalam mengurus administrasi dan memberikan kemudahan peserta JKN-KIS dalam mendapatkan informasi mengenai program JKN-KIS. Karena di dalam aplikasi ini banyak sekali kemudahan yang dapat digunakan peserta JKN-KIS untuk mendapatkan informasi terbaru,” ujar Deni.

Ia melanjutkan, fitur-fitur dalam aplikasi tersebut juga sangat membantu peserta JKN-KIS. Lewat Mobile JKN, peserta tidak hanya melakukan perubahan administrasi dan data. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan skrining kesehatan untuk mengetahui kesehatan dengan menggunakan beberapa pertanyaan mengenai kegiatan yang sering dilakukan.

“Kalau buat saya yang paling keren adalah salah satunya fitur menampilkan kartu digital, jadi peserta sekarang tidak perlu repot lagi bawa kartu. Karena kartunya sudah ada di smartphone peserta masing-masing,” ujarnya.

SUMBER : BPJS Lubuklinggau