Agar Terbiasa Diadakan Dulu Simulasi

Susanto

Silampari Online,

MUSI RAWAS – Dalam waktu dekat ujian nasional berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP bakal digelar. Sejumlah persiapan, mulai dilakukan termasuk persiapan pelaksanaan simulasi sehingga semua pihak termasuk anak-anak dapat memahami pelaksanaan proses UNBK.

Muat Lebih

Ada 248 pelajar SMPN B Srikaton, yang akan mengikuti simulasi UNBK 28-31 Januari 2019. Menjelang simulasi ini, para pelajar mulai mempersiapkan diri.

“Mata Pelajaran yang disimulasikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Simulasi ini juga, untuk pengenalan agar siswa terbiasa dengan aplikasi yang digunakan untuk ujian nantinya. Ini merupakan, simulasi yang kedua,”ungkap Kepala SMPN B Srikaton, Muhsin melalui wakil kepala sekolah, Susanto.

Dia menjelaskan, simulasi bertujuan untuk memberikan pelatihan secara teknis kepada peserta UNBK meliputi pelatihan penggunaan komputer, login, memasukan token, teknis mengerjakan soal, dan mengakhiri ujian (logout). Sekolah sendiri, telah mempersipakan 60 komputer dan 4 server dan kemungkinan itu akan bertambah mengingat jumlah siswanya 248 peserta serta jaringan dan mesin.

“Jumlah tersebut masih kurang, kami juga telah mengajukan proposal ke Dinas terkait penambahkan komputer. Semoga saja ada tambahannya, kalaupun tidak sama seperti tahun lalu akan meminjam laptop guru,” jelasnya.

Lanjutnya, pada Maret nantinya juga akan dilaksanakan gladi resik pelaksanaan UNBK yang mana pelaksanaanya benar-benar sama seperti ujian sesungguhnya. Kemudian, untuk UNBK sendiri sekolah juga akan melaksanakan jam tambahan belajar pada Februari 2019. Hal tersebut, guna memberikan persiapan kepada anak didik agar mampu meraih hasil yang baik.

“Kami harapkan, baik pelaksanaan simulasi maupun ujian nantinya dapat berjalan lancar. Dan anak-anak mampu meraih nilai yang bagus, hingga dapat melanjutkan pendidikan selanjutnya disekolah yang mereka inginkan,”pungkasnya. (HS-02)