Air Meluap Hingga ke Jalan

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : BADRI/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>BANJIR : </strong>Jalan lintas Curup Lebong tepat di kelurahan Dusun Curup mengalami banjir dikarenakan sumbatan sampah didalam gorong-gorong.

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Kondisi drainase di kawasan Kota Curup mulai tidak berfungsi seperti seharusnya.

Muat Lebih

Pasalnya, drainase yang seharusnya menjadi jalan aliran air, malah kerap kali menjadi wadah pembuangan sampah oleh warga yang tidak bertanggungjawab. Sehingga gorong-gorong di Kelurahan dusun Curup kecamatan Curup Utara minggu pagi (27/1) mendadak meluap hingga turun ke jalan Provinsi.

Chairudin (45) yang melihat kondisi tersebut mengambil inisiatif membersihkan sumbatan gorong-gorong dengan peralatan seadanya.

” Ya kalau sudah seperti ini kita gotong royong membersihkannya, yang jelas gorong-gorong ini tersumbat oleh sampah dan juga drainase ini sudah mulai dangkal dan kami mengharapkan solusi dari pemerintah daerah sehingga tidak lagi terjadi banjir musiman,” harap Chairudin.

Kedangkalan drainase ini tentunya dikarenakan, tidak pernah dikeruk ditambah lagi kesadaran warga yang membuang sampah diselokan.

“Ini sebenarnya sudah ranah pemerintah daerah semakin menggiatkan sosialisasi apalagi Rejang Lebong sudah memiliki perda tentang sampah dan lagi untuk pengerukan oleh dinas pekerjaan umum jadi kami sangat mengharapkan solusinya,”keluhnya.

Sementara itu, pantauan wartawan sumbatan drainase ini terbilang sulit untuk dibersihkan karena warga setempat hanya menggunakan peralatan seadanya dan drainase ini melintas dibawah jalan raya.(HS-06)