Ajak Karang Taruna Inisiasi Kesadaran Masyarakat

RAPAT : Kegiatan rapat koordinasi program pemberdayaan masyarakat anti Narkoba, dalam kegiatan pemetaan kelompok sasaran, yang digelar di aula Hotel Zulian Transit, Kamis (12/3/2020). Foto : Fahrurozi/Harian Silampari.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang, mengajak pengurus karang taruna di Kabupaten Empat Lawang, menginisiasi kesadaran masyarakat di lingkungan untuk tidak menyalahgunakan Narkoba dengan segala jenisnya.

Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, AKBP Syahril SH melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaa Masyarakat (P2M) BNN Kabupaten Empat Lawang, Azhari SKep mengatakan, pencegahan penyalahgunaan Narkoba di tengah masyarakat, bukan hanya tugas BNN dan aparat hukum lainnya. Namun merupakan tugas seluruh elemen masyarakat, salah satunya karang taruna.

Muat Lebih

“Karena itulah tujuan kami mengundang saudara semuanya di sini, agar mengerti dan memahami apa itu bahaya narkoba,” ungkap Azhari di kegiatan rapat koordinasi program pemberdayaan masyarakat anti Narkoba, dalam kegiatan pemetaan kelompok sasaran, yang digelar di aula Hotel Zulian Transit, Kamis (12/3).

Dijelaskannya, penyalahgunaan Narkoba sangat merugikan pelakunya, bahkan dalam suatu waktu saat kondisi darurat pelaku penyalahgunaan Narkoba memerlukan pertolongan medis yang cepat, ternyata tidak bisa ditolong karena obat biasa atau bius yang biasa digunakan dokter saat diambil tindakan medis, ternyata tidak mempan atau efektif digunakan ke orang yang biasa menggunakan Narkoba.

“Kalau sudah tiga kali dilakukan pembiusan tidak mempan, dokter pasti tidak akan mengambil risiko untuk menambah dosis. Alhasil, dokter terpaksa mengambil tindakan bius total, yang tentu punya risiko tersendiri,” jelasnya.

Karena itu, Azhari kembali mengingatkan bahwa Narkoba sangat berbahaya bagi pemakainya dan penyadaran kepada para pelaku penyalahgunaan Narkoba, perlu dilakukan, untuk meminimalisir jangan sampai korban semakin bertambah.

“Kalau ada anggota keluarga kita yang terlanjur menjadi pemakai narkoba, segera laporakan ke BNN, jangan malu dan jangan takut, jika secara sukarela melapor ke kami, dijamin tidak akan kami bawa ke proses hukum. Kalau tertangkap aparat lain lagi ceritanya, sebab ada konsekwensi hukum,” tandasnya. (frz)