Ajaran Baru, Lapas Banyuasin Gelar Paket A B dan C

Silampari Online,

BANYUASIN-Dimulainya tahun ajaran baru, 32 Warga Binaan Lapas Banyuasin Ikuti Kejar paket A,B, dan C

Bacaan Lainnya

Berbekal kerja sama dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Banyuasin yang telah berjalan selama dua tahun ajaran, Lapas Banyuasin mengelola tiga kelompok belajar, antara lain paket A, B, dan C sesuai dengan ijazah terakhir yang dimiliki oleh warga binaan.

Kepala Lapas Banyuasin, Reza Yudhistira Kurniawan didampingi Mu’ammar bagian kasubsi keamanan dan ketertiban saat di sambangi dikantornya Jum’at (2/8) mengatakan, program pendidikan bagi warga binaan dilaksanakan sebanyak sekali dalam seminggu setiap hari Kamis mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB di ruang belajar dan perpustakaan Lapas Banyuasin.

“Ada 32 orang warga binaan yang mengikuti kegiatan ini, terdiri dari 7 orang mengikuti Kejar Paket A, 11 orang mengikuti Kejar Paket B dan 14 orang mengikuti Kejar Paket C,” ujarnya.

Reza menjelaskan, para tutor atau pengajar yang terlibat bukan hanya berasal dari SKB Banyuasin, melainkan juga memberdayakan petugas yang menguasai materi pelajaran, memiliki kemampuan dan pengalaman mengajar sebelumnya.

“Siapapun bisa mengikuti sekolah kejar paket ini, baik muda maupun tua, mulai dari napi yang berusia 18 tahun sampai dengan 40 tahun. Kegiatan ini tidak dipungut biaya sama sekali,” jelasnya.

Lebih lanjut Reza menegaskan bahwa memperoleh pendidikan ialah hak dasar yang harus dipenuhi oleh negara. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan dari tingkat dasar sampai menengah atas.

“Kita akan berikan kesempatan kepada warga binaan untuk merasakan pendidikan, sama dengan orang lain yang berada di luar Lapas, Sehingga waktu mereka yang dihabiskan di Lapas tidak menjadi sia-sia dan ada has il yang akan dibawa sekembalinya mereka ke lingkungan masyarakat nantinya,” tutupnya.(KHS-02)