Akis Maju Independen, Tantangan Buat Parpol

SILAMPARI ONLINE,

MURATARA,

Muat Lebih

Majunya pasangan Akisropi-Baikuni melalu jalur perseorangan tentu baik untuk demokrasi karena ada alternatif selain pasangan yang di usung parpol. Putar haluan Majunya pasangan akbar melalui jalur perseorangan tentu sebuah pilihan yang cukup mengejutkan karena kita tahu Aksiropi Ayub dalam kontestasi politik daerah selalu melalui parpol.

“Kalau saya menilai putar haluan ini, Akisropi Ayub membaca komunikasi partai mengalami kebuntuan dan kewalahan dengan sistem politik kita saat ini dengan loby-loby politik yang berjenjang sangat panjang hingga ke DPP,” kata Abdul Aziz, Pemuda Muratara.

Meskipun melalui jalur perseorangan cukup berat memenangkan pertarungan tetapi tidak ada yang tak mungkin. Starting politik pengumpulan KTP sebagai syarat dukung 14.000 menjadi penting, apakah pengumpulan KTP ini betul-betul secara sadar rakyat memberikan dukungan full atau hanya sebatas pengumpulan sebagai memenuhi syarat administarsi saja. Secara faktual pendukung fanatik untuk Akisropi sebagai basis dukung di Muratara masih ada, inilah modal sosial-politik Akis-Baikuni untuk mengumpulkan dukungan.

Di sisi lain parpol harus membuktikan diri bahwa dukungan parpol harus juga berbasis kepentingan rakyat dan aspirasi masyarakat bukan hanya transaksional semata agar demokrasi semakin baik.

“Bukan tidak mungkin akan ada satu lagi pasangan yang akan maju melalui jalur independen di Pilkada Muratara melihat kontestasi politik saat ini,” tutupnya. (Agus)