Alokasikan Rp 20 Miliar Lebih untuk Posyandu 

Silampari Online,

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada pengurus Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI) Sumsel yang selama ini telah banyak berbuat dalam membantu masyarakat.

Muat Lebih

“Saya atas nama pribadi dan selaku Gubernur Sumatera Selatan, mengucapkan terima kasih atas kehadiran FKPI Sumsel,” kata Herman Deru ketika menerima audiensi  pengurus  FKPI Sumsel di rumah dinas gubernur  Griya Agung  Palembang, Jumat (29/3).

Herman Deru menyebutkan,  begitu vitalnya organisasi Posyandu yang telah  dibuat oleh para  ibu-ibu di kampung, desa dan kelurahan tersebut,  karena itu dia meminta agar  forum tersebut juga mendapatkan perhatian dari kalangan dunia usaha, seperti perusahaan, pemerintah dan pihak terkait lainnya.

“Pemerintah Provinsi memberikan apresiasi atas lahirnya forum ini. Tahun ini sudah kita anggarkan masing-masing Rp 5 juta untuk 17 kabupaten/kota untuk operasional Posyandu di dalamnya bisa beli timbangan dan lainnya. Jadi total keseluruhannya sekitar Rp20 miliar lebih,” tambahnya.

Untuk mempertajam fungsi dan tugas pokok posyandu ke depan, Gubernur menyarankan agar FKPI  dapat menjadi organiasi secara legal dengan mendaftarkan kepengurusannya ke Kesbangpol Sumsel.

“FKPI   ini adalah organisasi  profesi dan Sumsel sebagai inisiator dalam pembentukan ini. Kita ingin kader posyandu ada wadah sehingga jalanya pelayanan kemasyarakatan juga ada panduan, ketegasan,” terang Gubernur,

Gubernur juga meminta organisasi ini nantinya juga terbentuk ditingkat Kabupaten/kota dan para istri kepala daerah juga dilibatkan.

Sementara itu, Ketua Umum FKPI Baharudin,  mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru yang telah menerima audensi FKPI Sumsel.

Dia juga menjelaskan  FKPI Sumsel sudah terbentuk satu tahun yang lalu bahkan FKPI Sumsel merupakan yang pertama kali terbentuk di Indonesia.

“Untuk kepengurusan ini baru ditingkat Provinsi dan Kota Palembang. Selanjutnya Kabupaten Ogan Ilir dan Lahat mungkin tanggal 2 April mendatang  akan kita bentuk,” imbuhnya.

Dijelaskannya, FKPI merupakan forum atau wadah bagi para kader posyandu yang ada di Sumsel. Dan rencanya akan dibentuk di seluruh Indonesia.

“Kebetulan di Indonesia FKPI cuma ada di Sumsel. Mudah-mudahan ini sebagai pilotproject untuk membentuk FKPI seluruh Indonesia,” terangnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia  Herman Deru dan Wakli Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya. (rilis)