oleh

Alsintan Petani di Desa Ini Masih Seadanya

-Tak Berkategori-247 Dibaca

Silampari Online,

LAHAT – Petani di Desa Bandung Agung, Kecamatan Pagar Gunung, Lahat, akhirnaya merasakan suasana panen raya, walau dalam pengeloaannya selama ini, menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) seadanya. Kegiatan panen raya padi milik masyarakat di persawahan desa setempat tersebut, dillaksanakan Selasa (27/3).

Kepala Dinas Pertanian, Ir H Agustian mengatakan, tanaman padi yang dipanen merupakan hasil program penanaman yang dilakukan oleh masyarakat yang bertani sawah tahun 2018 dengan menggunakan alat yang seadanya. 

“Alhamdulillah, kendati tidak atau belum menggunakan alsintan canggih dan modern, namun berkat keuletan petani, saat ini bisa dirasakan panennya,” ujar Agustian saat menghadiri panen raya tersebut.

Agustian berharap, panen raya tersebut bisa meningkatkan swasembada beras di daerah, tidak hanya itu dengan panen padi bisa menciptakan masyarakat yang makmur. 

“Di sini saya sangat berharap, dengan adanya panen padi yang dilakukan secara kompak oleh kelompok tani, bisa membantu masyarakat dalam kehidupan berumah tangga,” ungkapnya.

Camat Pagar Gunung, Jamitul Akhawani SSos, menerangkan, Panen perdana yang dilakukan oleh Dinas Pertanian serta diikuti oleh Kepala Desa Bandung Agung dan juga dari Koramil, adalah memanen padi lahan milik Muslimi dan Aswan warga Desa Bandung Agung. 

“Lahan sawah milik kedua petani ini, yang dipanen kurang lebih mencapai 1,5 hektar, diikuti juga oleh masyarakat yang lain dari binaan kelompok tani Desa Bandung Agung, dengan dinamakan kelompok tani Cinta Damai,” jelasnya. 

Pihaknya kata Jamitul, berharap instansi terkait di Kabupaten Lahat, dapat memperbaiki saluran irigasi. Karena, petani di desa ini masih bertani secara tradisional dan sarana prasarana yang yang digunakanpun masih terbilang jauh dari canggih dan modern.

“Namun setidaknya, jika saluran irigasi diperbaiki, diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil panen padi dimasa akan datang,” tandasnya.(HS-06)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel