Ambil Uang Pensiun, Kini Bisa Lewat ATM

petugas PT.Taspen Cabang Lubuklinggau saat melakukan perekaman data pensiunan di Kantor PT.Taspen Lubuklinggau, Selasa (26/8/2019)

*Taspen Terus Kembangkan Layanan Digitalisasi

SILAMPARI ONLINE
– PT Taspen (Persero) terus melakukan digitalisasi layanan pembayaran pensiun melalui Smartcard atau Kartu Pintar. Dengan teknologi ini, pensiunan aparatur sipil negara (ASN) tak perlu lagi datang ke bank untuk mengambil uang pensiun.

PT Taspen Cabang Lubuklinggau terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pesertanya. Salah satunya melalui Smartcard atau Kartu Pintar. Sehingga, pensiun bisa langsung mengambil gajinya melalui anjungan mesin tunai (ATM) .
Uang pensiun akan dikirim secara otomatis ke rekening peserta setiap bulan. Pensiunan cukup mengambilnya ke ATM milik bank mitra bayar Taspen. Sebab, Smartcard tak hanya berfungsi sebagai identitas peserta, tapi juga menjadi kartu ATM dan debit.

Muat Lebih

“Sehingga, orang tua kita yang merupakan pensiunan tak perlu lagi antre berjam-jam untuk mengambil hak mereka,” ungkap Kepala Taspen Cabang Lubuklinggau, Daniel Paruhum Panggabean.
Daniel menerangkan sebelum memanfaatkan layanan pembayaran digital ini, pensiunan harus terlebih dahulu melakukan perekaman data di kantor cabang Taspen terdekat. Taspen akan merekam data biometrik berupa sidik jari, suara, dan wajah.

Data tersebut yang nantinya digunakan dalam proses otentikasi rutin melalui aplikasi untuk memastikan peserta pensiunan atau ahli warisnya yang masih hidup. Proses otentikasi yang nantinya dilakukan secara mandiri oleh pensiunan, setidaknya harus cocok dengan dua dari tiga data biometrik yang telah direkam.

Cara ini, kata dia, bisa mencegah fraud dalam pembayaran pensiun kepada peserta. “Ini juga jadi bentuk tanggung jawab kami kepada pemerintah dalam mengelola dana pensiun ASN,” ujarnya.

Perekaman data biometrik (Enrollment), sambung dia salah satu proses perekaman Data Biometrik yang dilakukan oleh Taspen dan merupakan salah satu syarat agar bisa melakukan otentikasi secara online melalui Smartphone.
Kemudian, Data Biometrik adalah Perekaman Data Sidik jari, Pengambilan gambar wajah (Foto Wajah), dan Perekaman Suara.
Selanjutnya, Autentikasi adalah pembuktian diri melalui validasi identitas peserta dan/atau penerima pensiun/tunjangan yang berkaitan dengan kombinasi penggunanaan user name dan password, smart card, fingerprint, retina scan, tanda tangan, dan lain-lain untuk memverifikasi ldentitas peserta dan/atau peserta dan/atau penerima pensiun/tunjangan.
“Kami juga menghimbau kepada peserta penerima uang/gaji pensiun agar berhati –hati terhadap pesan berantai dari media sosial ( whatsApp, facebook, instagram, Twitter dan SMS) yang bukan bersumber dari PT Taspen (Persero),”imbaunya.(Aan Afriadi-Harian Silampari)