Anggota Dewan Manfaatkan Kredit Serba Usaha

ilsutrasi


SILAMPARI ONLINE


LUBUKLINGGAU
– Anggota Dewan Perwakilam Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuklinggau sudah ada sebagian dari mereka mendatangi Kantor Cabang Bank Sumsel Babel Kelurahan Pasar Pemiri untuk mendapatkan fasilitas pinjaman kredit. Hal ini diungkapkan Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Lubuklinggau, Amrul Muslimin kepada Harian Silampari, Kamis (10/10).”Iya, sudah ada yang memamfaatkan fasilitas kredit kita. Namanya kredit Serba Guna,”ungkapnya.

Amrul menegaskan sebagian anggota Dewan tersebut bukan menggadaikan SK nya tapi mereka itu melakukan pinjaman kredit.”Bukan gadai SK. Tapi kredit pinjaman,”ucapnya. Dirinya mengakui dari dulu memang sudah ada pinjaman serba guna ini, baik untuk PNS maupun berpenghasilan tetap. “Dari dulu memang sudah ada itu. Pokoknya bagi yang berpenghasilan tetap pasti meminjam ke kita. Bukan mereka menggadaikan bukan tapi pinjaman ada,”tuturnya.

Muat Lebih

Sementara itu, terkait perihal anggota DPRD yang menggadaikan SK ke bank usai dilantik, menurut pengamat politik M Fadillah Harnawansyah merupakan fenomena yang sudah lama terjadi sejak pileg.

“Kita membutuhkan dana yang sangat besar dalam pelaksanaannya setiap calon. High cost pilegda dengan menghabiskan lebih 1 milyar bahkan ada yang lebih 2 milyard sudah menjadikan ajang pilegda sebagai ajang transaksional politik uang ketimbang transaksi program kerja,”kata Fadil. Hal tersebut memang sangat tidak elok untuk dipertahankan, namun budaya masyarakat yang cenderung materialistik dan pragmatis menjadikan transaksional politik uang menjadi pilihan.

“Walaupun para anggota DPRD yang meminjam uang dari bank saat ini belum tentu cukup untuk mengembalikan seluruh pengeluaran pilegda mereka kemarin. Dan inilah pekerjaan para pegiat politik untuk mengembalikan hakikat perwakilan politik pada porsi yang sebenarnya,”terang Fadil.

Laporan : Aan Afriadi