oleh

Anggota Panwascam Harus Profesional

-Tak Berkategori-307 Dibaca

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Empat Lawang, Rudiyanto meminta anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), agar mengedepankan profesional dalam menjalankan setiap tugas yang ada.

“Walaupun saya minta agar seluruh anggota Panwas, bekerja dengan cara kekeluargaan, namun dalam menjalankan seluruh tugas yang ada, harus mengedepankan keprofesionalan,” pinta Rudiyanto saat menyampaikan sambutannya di acara pembukaan bimbingan tekhnis (Bimteks) Panwascam se Kabupaten Empat Lawang, di aula Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, Jum’at (9/3).

Rudi menyebut, tidak ada batasan bagi setiap keluarga besar Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, dan dirinya menghargai itu. Sebab, dengan adanya rasa kekeluargaan inilah, membuat seluruh anggota Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, nyaman dalam melaksanakan tugas yang ada. “Memang ada, evaluasi-evaluasi dalam pekerjaan, namun harapan saya, semua anggota-anggota yang ada dapat dipertahankan sampai dengan ke pemilu presiden dan legislatif 2019 mendatang,” ungkapnya.

Namun demikian, syaratnya anggota-anggota Panwaslu di seluruh Kabupaten Empat Lawang, harus tetap mempertahankan intregritas sebagai petugas pengawas jalannya pemilu. “Kalau ada yang sudah tidak berkenan lagi menjadi Panwas, tentu saja saya tidak bisa mempertahankan itu,” ujarnya.

Disampaikannya, pelaksanaan Pilkada Empat Lawang, sudah menjadi perhatian seantero Sumsel, bahkan seluruh Indonesia. Tidak ada yang dapat menjaga marwah seluruh jajaran Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, kalau bukan jajaran Panwaslu Kabupaten Empat Lawang sendiri.

“Sejauh ini banyak hal yang sudah kita lalui, seperti gugatan bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur independen, hingga banyaknya laporan dari masyarakat tentang pelaksanaan kegiatan tahapan pemilukada Empat Lawang. “Maka dari itu, boleh kita punya pilihan, tapi jaga itu serapi-rapi mungkin agar jangan sampai intregritas seluruh anggota Panwascam di Kabupaten Empat Lawang diragukan, hingga akhirnya diadukan kepada kami, sebab akan kami tindaklajuti (laporan) itu,” cetusnya.

Rudipun kembali mengingatkan, sikap profesionalitas harus tetap dikedepankan dan pola inilah yang harus tetap dijaga, dari mulai kegiatan di tingkat kecamatan hingga kegiatan monitoring di tingkat desa.

“Kami komisioner Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, punya tanggungjawab moril kepada seluruh jajaran di Panwascam. Kami minta agar soliditas di tingkat bawah harus tetap terjaga dan mungkin ada kekurang di sana-sini, tapi jangan hitung kelemahan kawan kita, hitung kelebihannya untuk menutupi kelemahan yang kita miliki,” tandasnya. (HS-04)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel