Antisipasi Aliran Menyimpang

RAKOR : Pelaksanaan Rakor tim pengawas aliran kepercayaan dan aliran keagamaan di aula kantor Kejari Empat Lawang, Rabu (9/10). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Empat Lawang, menggelar rapat koordinasi (Rakor) tim pengawas aliran kepercayaan dan aliran keagamaan di aula kantor Kejari Empat Lawang, Rabu (9/10).

Kepala Kejari (Kajari) Empat Lawang, Ronaldwin SH mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka melaksanakan pengawasan aliran kepercaayaan masyarakat (PAKEM). Dalam hal pengawasan ini, pihakhya kata Kajari, tidak bisa bekerja sendiri.

Muat Lebih

“Dari pertemuan ini, diharapkan ada solusi terkait temuan-temuan selama ini,” harap Ronaldwin saat menyampaikan kata pembukanya di Rakor tersebut.

Dijelaskannya, kegiatan PAKEM adalah kegiatan pengawasan terhadap aliran kepercayaan yang menyimpang dan tentu saja dapat merusak keamanan dan ketertiban masyarakat. “Tugas kita adalah mendeteksi adanya aliran menyimpang yang dapat menggannggu ketertiban dalam kehidupan di tengah masyarakat,” imbuhhya.

Sementara, Kasat Intelkam Polres Empat Lawang, AKP Suharjo mengungkapkan, adanya informasi yang berkembang di tengah masyarakat terkait aliran yang bernama aliran pelindung kehidupan.

“Pengikutnya terindikasi, dikarenakan adanya pimpinannya yang berasal dari Lampung yang menurut mereka mendapat wahyu atau karunia,” terang Kasat.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Empat Lawang, Makmun mengatakan, modal utama dalam pembangunan adalah kerukunan. Oleh karena itu pihaknya sering mengadakan acara Rakor Silahturahmi untuk mencegah gejolak dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.

“Saya berharap dalam rakor ini kita dapat mendeteksi dan mengamati jangan sampai kita kecolongan terhadap aliran yang dapat memecah belah kesatuan dan persatuan babgsa,” kata Makmun. (HS-05)

Penulis : Fahrurozi
Editor :…
Redaktur : Agus Hubya Handoyo