Antisipasi Kekeringan, Warga Minta Dibangun Embung

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : NET</div></small>Ilustrasi

Silampari Online,

MURATARA – Guna mengantisipasi kekeringan yang kerap terjadi setiap tahunnya, warga meminta pemerintah Kabupaten Muratara membangun embung air bersih, terutama di desa-desa yang jauh dari sungai.

Muat Lebih

Seperti yang disampaikan salah seorang warga Desa Bina Marga, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara, Suryati (43) mengaku sering mengalami kesulitan air bersih saat musim kemarau tiba.

“Kalau musim kemarau sumur kami kekeringan, sementara desa kami ini jauh dari sungai, kami berharap ada solusi lah dari pemerintah, bagaimana caranya,” kata dia.

Menurut warga lainnya, Amir (30) menyarankan pemerintah Kabupaten Muratara sebaiknya membangun embung air bersih, sehingga saat musim kemarau melanda, ketersediaan air bersih masih bisa terpenuhi.

“Solusinya mungkin pemerintah bangun embung, apalagi desa kami ini berada di dataran tinggi, ada sungai cuma satu, sungai Liam, itu pun jaraknya jauh, sekitar tujuh kilometer dari pemukiman warga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Bina Marga, Dumiyati membenarkan warga di desanya sering mengeluh saat musim kemarau, karena warga mengalami kesulitan air bersih. “Masyarakat mintanya dibangun embung air bersih, kebetulan kami juga sudah siap lahan jika pemerintah ingin membangun embung untuk masyarakat, kalau dibangun pakai dana desa tidak mampu,” ujarnya.

Dikatakan Dumiyati, pihaknya juga telah mengusulkan kepada pemerintah Kabupaten Muratara terkait permintaan masyarakat yang ingin dibangunkan embung air bersih tersebut.

“Masalah itu sudah kami usulkan, kita berharap permintaan masyarakat ini terkabulkan,” harapnya. (KHS-01)