Apa Sih Cinta Segitiga ?, Berikut Ulasannya

ilustrasi. foto net

SILAMPARI ONLINE

● Pengertian cinta segitiga

Dikutip dari cintalia.com menyebutkan, memiliki hubungan yang romantis dengan orang lain merupakan perwujudan dari cinta. Namun mengapa ada konsepsi segitiga dalam sebuah cinta? Kadang kala kita berada dalam posisi tidak mencintai satu orang saja dalam hidup ini. Namun melibatkan hubungan dengan tiga orang.

Muat Lebih

Jadi antara satu orang dengan orang lain, mereka memiliki hubungan dekat dan romantis. Lalu dengan orang yang lainnya, ia juga sama sama memiliki hubungan yang romantis. Ketiga sisi triangle ini saling berhubungan antara satu sama lain. Boleh jadi hubungan ini berupa cinta, persahabatan, keluarga, sampai ke arah kebencian. Istilah segitiga di sini lebih menampikkan hubungan dengan 3 orang yang saling terkait antara satu sama lain.

Hingga akhirnya hubungan cinta segitiga ini mengarah pada ujung yang tidak baik. Selalu ada pihak yang merasa di rugikan, sampai ia merasa cemburu yang berlebihan dan akan menjadi penyebab putus cinta. Ada lagi pihak yang merasa kurang di cintai, sehingga membuat mereka bersikap lebih agresif. Inilah awal dari petaka cinta segitiga. Sebenarnya, keadaan cinta segitiga bukanlah merupakan hal baru di telinga. Kasus seperti ini sudah ada sejak dahulu.

Analogi cinta segitiga banyak di mainkan dalam sebuah opera Perancis dan Amerika. Kisah kisahnya juga sudah banyak yang di tulis dalam sebuah novel novel romansa. Tak jarang mereka yang memiliki daya imajinasi tinggi, menceritakan kisah cinta segitiga dalam sebuah film komedi romantis. Maka mulailah berbagai manga atau cerita kartun mengupas kisah kasih wanita dan laki laki yang berada dalam labirin cinta segitiga. Di perkaya dan di hayati lagi dalam sebuah lirik lagu yang mengena hati setiap orang yang mendengarnya.

Terasa menyayat hati memang, tapi mau bagaimana lagi. kadang orang malah menjadi buta dnegan keberadaan cinta. Masih sama dengan pertanyaan yang pertama. Siapakah biang keladi dari akar permasalahan ini? Apakah cinta yang salah? Ataukah orang yang salah dalam mencintai?

Berikut adalah penjelasan mengenai cinta segitiga :

● Penyebab Cinta Segitiga

Salah satu penyebab seseorang akan memiliki cinta lebih satu karena ia menginginkan pegangan. Kadang kala ia tak pernah puas dengan apa yang sudah ia miliki saat ini. Sehingga mencari sosok lain, wanita lain atau laki laki lain yang bisa jadi tempat pegangan. Bisa jadi karena pendamping yang pertama kurang memenuhi kebutuhannya.

“mengapa orang bisa berada dalam kondisi dua pilihan? Ini di sebabkan kerena kondisi psikologis natural seseorang, ingin mendapatkan yang lebih baik.

Analoginya adalah sudah punya handphone, ketika sudah memiliki handphone maka ia akan berpikir lagi. kira kira handphone yang lebih baik dari handphone ini ada apa tidak ya? Karena selalu ada kebutuhan natural sebagai manusia untuk mencari yang lebih baik dari sekarang yang di miliki,” Jelas Liza Marielly Djaprie, M. Si, Psi SC, seorang ahli pdikolog klinis dewasa yang kala itu di ajak berbincang dengan Wallpop, di daerah Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan pada tahun 2013 lalu.

Sesuai yang dituturkan oleh psikolog tersebut, pada dasarnya manusia itu tak pernah puas akan cinta. Sudah memiliki satu pegangan, ia masih mengharapkan seseorang lain ada di sampingnya. Bisa jadi karena ia tak pernah puas dengan apa yang sudah di miliki. Boleh jadi karena ia menganggap pasangannya tidak terlalu mengharapkan lebih keberadaannya. Sehingga ia mencari pasangan yang memang benar benar bisa di gantungi. Pada dasarnya, kebutuhan cinta adalah mutlak perintah dari ego manusia.

Sifat ini alamiah, dimiliki oleh setiap orang. Mereka menuntut untuk mendapatkan kasih sayang, perhatian, dan rasa cinta. Ego berharap menjadi sosok yang benar benar di inginkan oleh banyak orang. Dengan anda yang di cintai oleh dua orang, atau anda yang mencintai dua orang, maka ego akan cenderung lebih puas.

Kadang kala, dengan di cintai oleh banyak orang menjadi suatu prestasi tersendiri. ‘Ah, ada banyak orang yang mencintaiku. Pasanganku mencintaiku dengan sepenuh hari. Teman kerjaku yang cantik itu juga mencintaiku.’ Bisa saja laki laki ini berpikiran seperti ini. Atau wanita juga bisa berpikiran, ‘ah, aku memang cantik dan menarik. Maka tak heran ada banyak lelaki yang berusaha mendapatkanku. Mereka berada di sampingku, dan berharap aku menjadi pendampingnya.

Kadang kala, dengan anggapan kita terlalu banyak di cintai, semakin besar ego dan kepuasan diri sendiri. sehingga mereka cenderung lebih banyak mempertahankan banyak cinta tadi. Kadang mereka takut untuk memilih salah satunya.

Alasan simpel yang bisa membuang tanggung jawab adalah karena takut menyakiti ke dua belah pihak yang sudah terlanjur mencintainya. Padahal jika anda tahu, dengan kelakuan anda yang mencintai lebih dari satu orang, sudah membuatnya sakit hati.

Sumber : cintalia.com
Editor : Agus