oleh

Aparat Gabungan Geledah Lapas

SILAMPARI ONLINE

EMPAT LAWANG – Petugas gabungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Empat Lawang, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Empat Lawang, Polres Empat Lawang dan Komando Rayon Militer (Koramil) 0405-01 Tebing Tinggi, melakukan razia di dalam Lapas Kelas IIB Empat Lawang, untuk memastikan tidak ada benda yang tidak semestinya ada di dalam ruang sel yang dihuni warga binaan pemasyarakatan (WBP) itu, Senin (5/4/2021) malam.

Pantauan Harian Silampari di lokasi, usai menggelar apel persiapan, petugas gabungan langsung masuk ke dalam Lapas untuk melakukan penggeledahan. Sel wanita yang dihuni sekitar sembilan WBP, menjadi sasaran pertama penggeledahan petugas gabungan, dan dilanjutkan ke sel yang dihuni WBP pria, hingga akhirnya seluruh ruangan sel tak ada yang luput dari penggeledahan.

Dalam penggeledahan itu, petugas gabungan menyita sejumlah barang milik WBP. Dari tali tambang, sikat gigi, lem pipa PVC, sabuk pinggang hingga handphone (hp), disita aparat yang menggeledah ruang sel tahanan. Tidak ditemukan jenis Narkotika apapun dalam kegiatan razia kali ini.

“Kalau benda berbahaya saya rasa tidak ada dan kegiatan (razia) ini sama-sama disaksikan dari kepolisian, BNNK, Koramil Tebing Tinggi dan kita semua di sini,” ungkap Kepala Lapas Kelas IIB Empat Lawang, M Ridwantoro kepada wartawan, usai kegiatan razia.

Dikatakannya, kegiatan razia dalam Lapas Kelas IIB Empat Lawang, sesuai dengan arahan dari Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), yang suratnya sudah pihakhya terima beberapa waktu lalu. “Pada dasarnya, razia kita lakukan setiap hari di setiap blok Lapas oleh petugas kita sendiri. Kalau ada benda yang mencurigakan kita buang,” ujarnya.

Kalau ditemukan ada barang Narkotika, sambung Ridwantoro, pihaknya langsung berkoordinasi dengan kepolisian, untuk diserahkan dan ditindaklanjuti. (frz)