Aparatur Sipil Negara Wajib Tahu Seputar JKN-KIS


SILAMPARI ONLINE

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau mengadakan aksi keliling instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Selasa (26/02). Pelaksanaan sosialisasi dengan cara ini merupakah salah satu jurus untuk menjangkau masyarakat melalui instansi-instansi karena ditujukan langsung kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sehari-harinya kerap bersinggungan langsung dengan publik.

Muat Lebih

“Kartu JKN-KIS ini sangat penting bagi kami para ASN dalam menjaga kesehatan. Dengan adanya sosialisasi ini, kami ingin meningkatkan pemahaman dan mengerti betapa pentingnya Program JKN-KIS ini serta bagaimana pemanfaatannya. Dan ini juga penting untuk update informasi seputar program negara yang perlu kita dukung bersama-sama,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Syamsul Joko Karyono.

Seluruh jajaran di Satpol PP Kabupaten Musi Rawas menyambut dengan senang adanya sosialisasi tersebut. Selain sebagai ajang untuk meningkatkan pemahaman Program JKN-KIS, sosialisasi ini juga merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab BPJS Kesehatan dalam memberikan informasi secara langsung kepada peserta melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengenai hak dan kewajiban peserta JKN-KIS.

Syamsul menambahkan, pelayanan Program JKN-KIS yang sempat dirasakan adalah ketika anaknya menderita sakit kanker. Pada saat itu anaknya dirujuk ke rumah sakit di Jakarta. Ia merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya.
“Ketika anak saya sakit saya merasa terbantu sekali dan merasa sangat puas dengan pelayanan yang di berikan. Waktu itu anak saya sempat dirujuk ke rumah sakit yang ada di Jakarta. Kalau di Jakarta, justru kami pasien JKN-KIS sangat didahulukan saat berobat. Harapannya pelayanan JKN-KIS yang ada di sini juga bisa sebaik yang saya rasakan di Jakarta,” sambung Syamsul.

Menganggapi hal tersebut, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau Yusfika Rina menyampaikan, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan seoptimal mungkin bagi seluruh peserta JKN-KIS. “Dalam menyukseskan Program JKN-KIS, kami selalu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Apabila peserta mengalami kendala saat memperoleh pelayanan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Mobile JKN, atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat,” ujar Yusfika.

Sosialisasi yang dilaksanakan BPJS Kesehatan kepada OPD saat ini telah mencapai sebanyak 13 OPD yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Yusfika juga menyatakan BPJS Kesehatan akan melakukan sosialisasi tersebut kepada 37 OPD yang belum mendapatkan sosialisasi sepanjang tahun 2019, mengingat sosialisasi tersebut sangat penting untuk menyampaikan informasi terbaru dan mengumpulkan data untuk melakukan update data yang ada di BPJS Kesehatan.

Laporan : Aan Afriandi
Editor : Agus Hubya