Api Merambat ke Kebun Warga

SILAMPARI ONLINE

RUPIT – Kebakaran lahan perkebunan milik perusahaan terjadi di wilayah Desa Maur Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, Sabtu (14/9) pukul 18.30 sampai Ahad (15/9) siang. Besarnya kebakaran lahan tersebut merambat ke perkebunan warga dan nyaris membakar pemukiman.

Muat Lebih

“Api terlalu besar sampai-sampai dari Jalan Lintas Sumatera itu terlihat jelas. Kobaran api membumbung tinggi sampai belasan meter. Warga banyak ketakutan, karena api terlalu dekat dengan permukiman,” kata Dwi, salah satu warga Desa Maur, Ahad (15/9).

Karena besarnya api yang membakar lahan, warga sempat berkumpul di Jalinsum dan berjaga-jaga. “Ramai semalam dari masyarakat dari Damkar, semua sibuk memadamkan api. Alhamdulillah api sempat padam tapi sekarang hidup lagi,” timpalnya. Warga berharap, kejadian serupa tidak terulang lagi. Selain kobaran api membuat warga cemas, tidak sedikit areal perkebunan milik warga yang ikut terbakar.

Terpisah, Kepala Satpol PP Pemkab Muratara, Firdaus menyatakan bahwa pihaknya kewalahan memadamkan api akibat dari karhutla di wilayahanya. “Mobil kita cuma ada dua, kebakaran terjadi di mana-mana. Mesti bolak-balik memadamkan api, jadi kami kewalahan karena lokasi terlalu banyak,” tukasnya.

*Sumber : Sumeks.co