Ayo…Lestarikan Silat Tradisi Minang

LUBUKLINGGAU – Perguruan pencak Silat (PPS) Talago Biru Indonesia Cabang Lubuklinggau terus melestarikan silat tradisi diperantauan. Hal itu dilakukan guna silat tradisi minang tetap hidup dan meregenerasi kedepannya.

Hal ini terlihat pada saat penyerahan hasil pengkaderan beberapa hari yang lalu yang telah dilaksanakan. Dari keputusan tersebut bahwa yang lulus jadi pelatih silat ada sebanyak 11 orang dari total kader kurang lebih 30 orang.

Bacaan Lainnya

Penyerahan hasil keputusan langsung dilakukan oleh guru tuo silek sekaligus pendiri PPS Talago Biru Indonesia, Afrizal Chan Sutan Rajo Mudo.

“Kita telah menyerahkan hasil keputusan siapa yang pantas menjadi pelatih silat. Dari 30 lebih kader itu, ada 11 orang yang lulus menjadi pelatih silat ini,”ungkapnya kepada Harian Silampari, Selasa (6/8).

Dikatakannya, dirinya hadir langsung dari Sumatera Barat sekaligus membenahi organisasi di PPS Talago Biru Indonesia Kota Lubuklinggau. Di Lubuklinggau bisa berkembang dan maju melalui sekolah maupun instansi pemerintah.

“Jadi, sangat perlu persiapan yang matang untuk melatih disekolah maupun di instansi pemerintah dan tempat umum lainnya,”tambahnya.

Langkah selanjutnya, targetnya sampai ke kabupaten bisa berkembang hinga ke daerah lainnya dan tidak terlepas dari silat olah raga nasional. Harapannya disekolah hendaknya ada silat nasional maupun silat tradisinya.

“Kalau kesan di Kota Lubuklinggau sangat luar biasa, kalau pesan saya kepada pesilat PPS Talago biru agar selalu melatih dan mengembangkan silat tradisi minang ini khususnya aliran Taralak,”ungkapnya.

Dirinya menceritakan PPS Talago Biru Indonesia berdiri sejak tahun 1987 hingga sekarang ini yang di tergabung dalam IPSI Kabupaten Agam Sumbar dan tercatat pada IPSI Sumbar sebagai Perguruan Silat yang cenderung pada seleksi tradisi minang yang beraliran Taralak.

“Taralak adalah silat yang beraliran keras dan jarang dipelajari. Namun hingga hari ini telah dipilih dan dibina 25 guru silat beraliran Taralak yang langsung dibina saya sendiri dalam payung organisasi PPS Talago Biru Indonesia,”terangnya.(HS-01)