Bacakada Kunjungi Dukun

Silampari Online

LUBUKLINGGAU – Perdukunan sebagai fenomena sosial bukanlah sesuatu yang asing dalam keseharian kehidupan masyarakat.

Muat Lebih

Dukun adalah orang yang dipercaya memiliki kekuatan dan daya magis, menggunakan kekuatannya secara diam-diam dan dengan cara yang amat rahasia, untuk keuntungan pribadi atau permintaan dari orang lain. Di masa pemilihan kepala daerah, jasa dukun, terkadang masih dimanfaatkan para bakal calon yang bakal ikut kontestasi lima tahunan ini.

Salah seorang dukun yang tidak mau namanya dikorankan mengaku, kalau dirinya sering dikunjungi bukan hanya untuk menyembuhkan penyakit atau mencari tahu siapa yang melakukan pencurian. Tetapi juga sering diminta untuk dapat menggunakan ilmu gaib bagaimana pemilih dalam pilkades, pileg maupun pilkada dapat memilih bakal calon yang diminta.

“Mereka yang datang, minta pertolongan agar dimenangkan,jadi kades, caleg,Bupati,”kata pria berjenggot ini.

Ia mengaku hampir yang mendatanginya, rata rata berpendidikan lumayan tinggi,bahkan orang yang memiliki ekonomi yang cukup. “Kesini pakai mobil semua, kalaupun pakai motor, mereka yang berkisar wilayah sini,”beber pria yang mengaku sudah 20an tahun menekuni perdukunan ini.

Ditanyai sudah ada belum dari bakal calon Bupati atau Wakil Bupati yang mendatanginya. Pria yang sering dipanggil mbah ini,mengaku sudah ada yang membuat janji untuk bertamu.

“Ada ajudanya yang pernah kontak kita, tapi calon ini bukan dari wilayah bumi silampari, tapi masih di Sumsel juga,”akunya.

Perihal tarif, sang dukun tidak mau berkomentar. “Oh kalau tarif tidak bijak saya kasih tahu,”akunya.(HS-02)