oleh

Back Up Pembangunan Ponpes di Empat Lawang

-Empat Lawang-104 Dibaca

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad berjanji akan mem-back up pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Abu Bakr Ash Shiddiq, yang berada di Desa Lampar Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

“Saya akan back up pembangunan Pondok Pesantren Abu Bakr Ash Siddiq ini, ingatkan saya,” ungkap Joncik, disela-sela peletakan batu pertama Pembangunan Masjid Abu Bakr Ash Siddiq, Selasa (16/3).

Joncik meyakini jika di Empat Lawang banyak Pondok Pesantren, banyak Masjid, maka sumber daya manusia (SDM) di Empat Lawang akan meningkat. Kalau itu terjadi kata dia, Empat Lawang MADANI akan terwujut.

“Saay yakin Pondok Pesantren ini akan menjadi barometer di Empat Lawang bahkan di Sumatera. Karena Pondok Pesantren ini mengacu pada Pondok Pesantren Gontor, mendengar nama Gontor ini saya merinding,” imbuhnya.

Sebab lanjut Jocik, semua tahu jika pendiri republik ini banyak peran para Kiyai, yang tergabung dalam Pondok Pesantren.

“Masjid (yang akan dibangun) ini mencerminkan Empat Lawang, dan Masjid ini akan jadi Ikonik Empat Lawang, bukan hanya tempat Salat tapi juga tempat untuk belajar,” jelasnya.

Sementara, Pembina Pondok Pesantren Abu Bakr Ash Shiddig, Ustdz Dodi Irawan mengatakan, tanah tempat pembangunan Pondok Pesantren Abu Bakr Ash Siddiq ini, merupakan tanah wakaf dari Almarhum bapak Dungcik Ning.

“Ini tanah wakap dari Alm bapak Dungcik Ning, yang diwakili oleh keluarganya bapak Faisal di Jakarta,” kata Dodi.

Untuk lahannya sendiri sambung Dodi, kurang lebih lima hektar setengah, namun yang dipakai untuk pembangunan Pondok Pesantren ini seluas tiga hektar.

“Yang dua hektar setengahnya akan dijadikan argo wisata, jadi Masjid ini nanti kita akan jadi Masjid Ikon Empat Lawang,” ucapnya.

Untuk target pembangunanbya dikatakan Dodi, selama 10 bulan, dengan dana Rp6 miliyar. “Alhamdulillah sekarang sudah ada Rp2 miliyar, sisanya kita kembalikan ke umat dan kita harap pesantren ini barometer yang ada di Empat Lawang bahkan di Sumatera,” harapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Empat Lawang, H Hasanudin mengatakan, keberadaan Pondok Pesantren sudah lama ada. Bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka Pondok Pesantren sudah ada.

“Pondok Pesantren sudah lama ada bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. Pembangunan Pondok Pesantren ini adalah waktu yang tepat di situasi yang stretegis, dan ini adalah awal yang baik,” katanya. (frz)

 

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel