Bakal Paslon Akmaludin-Triono Serahkan Berkas Dukungan ke KPU Mura

  • Whatsapp
suasana penyerahan syarat dukungan bakal paslon Akmaludin-Triono ke KPU Musi Rawas, Minggu (22/2/2020). foto Dodo Musi Rawas Ekpres

SILAMPARI ONLINE,

MUSI RAWAS-Bakal pasangan calon (paslon) bupati dan calon wakil bupati jalur independen Akmaludin Mustofa dan Triono, Minggu (23/2/2020), mendatangi Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas. Mereka menyerahkan berkas syarat dukungan. Jumlah dukungan yang diserahkan bakal Paslon Akmaludin-Triono sebelum verifikasi faktual sebanyak 30.735 dukungan yang tersebar di delapan kecamatan se-Kabupaten Mura.

Bacaan Lainnya

Saat menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan, Ketua KPU Mura, Anasta Tias menjelaskan, setelah berkas diterima, tim verifikasi KPU Mura langsung melakukan pengecekan dan penghitungan syarat minimal dukungan dan sebaran. Selain menghitung, lanjut Anas (sapaan akrab Anasta Tias, red) tim verifikasi juga melakukan penyesuaian antara hard copy dukungan dengan soft file dukungan yang telah diinput dalam aplikasi pencalonan (Silon).

“Selanjutnya tim verifikasi menyelesaikan seluruh proses penghitungan dan pengecekan dokumen,” jelas Anas.

Sementara itu, Komisioner KPU Mura Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Apandi menjelaskan, pengitungan dan pengecekkan dukungan tersebut, merujuk pada ketentuan PKPU nomor 18 tahun 2019.

“Sampai malam ini (kemarin, red) kami masih melakukan verifikasi. Tim verifikator sendiri terdiri atas jajaran staf dan karyawan KPU Mura. Dibagi menjadi delapan tim yang telah kami berikan bimbingan teknis (bimtek) sebelumnya,” jelas Apandi.

Apandi menambahkan, setelah hasil verifikasi dinyatakan terpenuhi, bakal paslon yang telah menyerahkan syarat dukungan akan menerima berita acara (BA) sebagai syarat mendaftar pada Juni 2020.  “Namun, jika tidak memenuhi, bakal paslon secara otomatis kami anggap mundur atau gugur di jalur independen. Tahapan pengecekan jumlah minimal dukungan dan sebaran sesuai tahapan dimulai pada 19-26 Februari 2020. Sementara tahapan verifikasi administrasi dimulai pada 27 Februari sampai 25 Maret 2020,” tegas Apandi.

Pantauan Musirawas Ekspres (Group Silampari Online) di lapangan, kedatangan rombongan bakal paslon Akmaludin-Triono disambut oleh Ketua dan Komisioner KPU Mura. Sedikitnya delapan kendaraan roda empat dan puluhan orang turut mengantarkan bakal paslon independen yang tiba di Kantor KPU Mura sekitar pukul 16.00 WIB.

Turut hadir dalam penyerahan syarat dukungan bakal paslon perseorangan tersebut, Ketua dan Komisioner Bawaslu Mura beserta staf, jajaran Polres Mura, puluhan simpatisan bakal paslon Akmaludin-Triono serta beberapa awak media. (*)