Bandit Spesialis Begal Babak Belur

<strong>AMANKAN : </strong>Tersang spesialis begal motor Ain (19), warga Desa Lubuk Bingin Baru, Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Kabupaten Rejang Lebong

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU -Tersangka spesialis begal motor Ain (19), warga Desa Lubuk Bingin Baru, Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu babak belur dihajar warga.

Muat Lebih

Aksi pelaku di Jl Poros Blok 51, Kelurahan Air Temam, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Jumat (18/1) sekitar pukul 07.30 WIB itu mendapat perlawanan.

Korbannya beberapa pelajar yang tengah melintas naik motor dicegat, lantas berteriak minta tolong dan didengar warga yang langsung melakukan pengejaran hingga pelaku tertangkap. 

“Pelaku beraksi dengan tiga temannya yang kini masih dalam pengejaran anggota kita,” kata Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau Selatan, Iptu Amirudin Iskandar.   

Kejadian berawal saat beberapa pelajar salah satunya Cintia hendak pergi ke sekolah naik motor. Korban pergi naik motor beriringan dengan temannya yang lain. Ketika melintas, pertama dua pelaku keluar dari semak-semak dengan membawa kayu dan langsung melakukan pemukulan keiring-iringan pelajar dengan tujuan mengambil motor.         

“Kebetulan dibelakang iring-iringan anak-anak itu ada satu orang tua dari anak itu yakni Herianto melintas,” ujarnya. 

Melihat ada dua orang tidak dikenal menghadang dan memukul, kemudian Herianto turun dari motor dan melakukan perlawanan. Dua orang pelaku tersebut sempat melarikan diri dan mengambil motor mereka yang diparkir tidak jauh dari lokasi kejadian. Dan kedua pelaku itu kembali melakukan pengejaran keiring-iringan anak sekolah. 

“Kurang lebih 100 meter, kedua pelaku kembali mengejar, Herianto kembali melakukan perlawanan dan dapat menghentikan kedua pelaku,” jelasnya.

Tidak berselang lama, tiba-tiba dua orang rekan pelaku berboncengan bermotor datang dan ikut membantu dua temannya yang mendapatkan perlawanan dari Herianto.

“Herianto tetap melakukan perlawanan dibantu oleh beberapa warga yang kebetulan dekat TKP,” ungkapnya.

Warga ikut membantu Herianto melakukan perlawanan hingga satu pelaku dapat diringkus. Sedangkan pelajar yang dikejar oleh pelaku tadi langsung ke Polsek Lubuklinggau Selatan untuk melapor. Dan anggota langsung ke TKP. 

“Bersama-sama dengan warga yang ada di TKP dapat mengamankan satu orang pelaku dan satu unit motor yang sudah dibakar warga,” bebernya.

Sementara itu satu orang pelaku lagi kabur, lari kedalam hutan sekitar lokasi. Sedangkan dua pelaku lagi kabur pakai motor. Dan saat ini tengah dalam pengejaran anggota Polsek Lubuklinggau Selatan.

“Hasil intrograsi awal, pelaku ini mengakui sudah lima kali melakukan perbuatannya. Namun untuk pengakuannya masih melakukan penyelidikan lebih dalam lagi,” terangnya.

Lebih lanjut, aksi begal yang dilakukan kawanan pelaku diantaranya diawal tahun baru melakukan aksi serupa yakni mengambil motor Viar. “Untuk kebenarannya belum tahu. Kita masih dalami lagi. Dia juga ngaku sekitar bulan februari 2017 juga beraksi,” imbuhnya.

Sementara itu tersangka Ain menjelaskan aksinya bersama dengan kawanannya itu untuk mengambil motor dari pelajar. “Langsung digebuk tadi, tapi dak keno. Aku cuman nunggu dimotor bertugas untuk melihat situasi,” kata tersangka yang mengaku pengangguran itu.   

Pengakuannya, aksi yang dilakukan kawanannya tersebut sudah kali kelima. “Lah limo kali. Lokasinyo Talang Rejo, Tabarejo samo Blok 51. Setiap motor dijual di daerah Kota Padang Rp1.500.000, dibagi. Aku dapet cuman limo ratus ribu. Duit itu dipakek untuk foya-foya,” pungkasnya.(HS-01)