Bangun di Beberapa Titik Tanggulangi Longsor dan Banjir

Kepala BPBD Kabupaten Kepahiang, Ir Taufik.

SILAMPARI ONLINE, KEPAHIANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang tahun ini akan membangun beberapa titik untuk penanggulangan longsor dan banjir, antara lain pelapis tebing Jalan Durian Depun dan Mushollah di Desa Bogor Baru.

“Pelapis tebing Durian Depun, yang terdampak longsor dan nyaris putus pada tahun lalu dan Musholla Bogor Baru di lingkungan Dusun 4 yang mengalami longsor saat hujan deras tahun lalu Insyaallah April ini kita laksanakan pengerjaannya, dan satu item pelapis tebing di daerah Sosokan Taba,” urai Kepala BPBD Kabupaten Kepahiang, Ir Taufik kepada wartawan, Jum’at (28/2).

Muat Lebih

Bangunan lain yang akan dilaksanakan juga tahun ini lanjut Ir Taufik, adalah irigasi di Desa Suro Muncar dan penambahan jalan Talang Karet. “Penambahan jalan di Gang Masjid Talang Karet karena jika hujan sering banjir,” ujarnya.

Sedangkan untuk kerusakan terdampak banjir, kata Ir Taufik, BPBD Kepahiang sedang menantikan dana hibah yang diperkirakan akan terealisasi Juni memdatang. Hal ini dinilai urgen karena beberapa jembatan penghubung ke kebun warga di Seberang Musi putus dan rusak parah akibat banjir luapan Sungai Musi tahun lalu. Jika tidak direalisasikan pembangunannya dikhawatirkan berdampak pada proses pengangkutan hasil pertanian warga.

“Untuk beberapa jembatan seperti Jembatan Cokoah di Dusun Kepahiang, Jembatan Desa Kelobak, Desa Pagar Gunung, kita Menanti dana hibah karena APBD tidak mencukupi untuk itu. Semoga saja dipertengahan tahun ini bisa terealisasi,” harapnya. (KHS-06)