Bangun Empat Unit Rumah Sehat Warga Miskin

ilustrasi dana desa. foto net

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Pemerintah Kecamatan Mandi Aur membangun empat rumah sehat bagi warga miskin dan belum memiliki rumah. Dimana, pembangunan tersebut direalisasikan melalui Dana Desa (DD).
“Untuk pembangunan empat unit rumah sehat ini sudah rampung dan sudah ditempati penghuninya yakni warga kurang mampu,”jelas Kepala Desa (Kades) Mandi Aur Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura), Dodi Johan kepada Harian Silampari, Selasa (17/9).
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa pembangunan rumah sehat ini baru direalisasikan tahun ini yang dianggarkan melalui DD. Dimana, untuk satu rumahnya menelan dana sebesar Rp25 juta atau total keseluruhan 100 juta dari empat rumah sehat tersebut.
“Pembangunan rumah sehat ini menjadi skala prioritas penggunaan DD tahun 2019,”terangnya.
Menurutnya, untuk pengerjaan pembangunan rumah sehat ini sendiri dikomandoi tukang dan dibantu oleh warga sekitar. Bahkan, ditahun depan akan dianggarkan kembali yakni sebanyak 10 unit.
“Untuk ukuran rumah sehat ini sendiri 4×5 meter dengan semi permanen dan dilengkapi dengan MCK nya juga,”bebernya.
Mengenai jumlah warga miskin yang belum memiliki rumah di Mandi Aur sendiri. Maka Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Kabupaten Mura ini mengakui ada 30 kepala keluarga (KK) yang belum ada rumah dan dikategorikan miskin.
“Artinya bertahap setiap tahun akan dibangun rumah sehat untuk mengentaskan warga miskin yang belum memiliki rumah dapat tempat tinggal sendiri,”paparnya.

*sumber Harian Silampari