Bangun Fasilitas Desa Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Silampari Online

Penggunaan Dana Desa (DD) oleh Kepala Desa (Kades) Dahlan Kecamatan Selangit benar-benar direalisasikan sesuai skala prioritas.

Muat Lebih

Bahkan, dalam pembangunan fasilitas Desa direalisasikan sesuai Kebutuhan masyarakat.

Kades Taba Renah Kecamatan Selangit, Dahlan mengatakan, bahwa kucuran bantuan DD digunakan sejumlah kegiatan yakni membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Bantuan DD disamping harus dipertanggung jawabkan maka penggunaannya juga harus tepat sasaran,”jelas Alun kepada Harian Silampari, Kamis (21/11).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, sebelum penggunaan DD direalisasikan maka terlebih dahulu dilakukan musyawarah dusun (Musdus) dan dilanjutkan dengan musyawarah desa (Musdes) sesuai skala prioritas masyarakat.

“Untuk pembangunan fisik tersebut tidak serta merta begitu saja. Melainkan, berdasarkan kebutuhan masyarakat,”terangnya.

Menurutnya, untuk penggunaan DD tahap dua sebagian besar disektor fisik. Diantaranya Siring Beton sepanjang 423 meter dan jalan usaha tani letaknya di di dusun i sepajang 599 meter.

“Kalau alasan pembangunan sejumlah sektor fisik tersebut seperti siring beton agar saluran air lancar dan mencegah agar tidak genangan air. Sedangkan, Kalau pembangunan jalan usaha tani melihat jalan selama ini rusak jika terkena hujan akan becek,”jelasnya.

Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya pembangunan disektor fisik tersebut maka bisa membantu masyarakat terutama dalam menunjang kesejahteraan masyarakat.
“Pada dasarnya pengelolaan DD digunakan secara transparan dan kepentingan bersama dalam menunjang percepatan pembangunan Desa,”ungkapnya. (HS-10)