Bangun Fisik Melalui DD Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Tampak PLD sedang mengukur ketinggian pembangunan talud di Dusun III Desa Air Beliti dan disaksikan Camat Tuah Negeri, Christiandi Argani serta Kades Air Beliti, Lukito dan lainnya

SILAMPARI ONLINE

Kepala Desa (Kades) Air Beliti Kecamatan Tuah Negeri memastikan dalam penggunaan Dana Desa (DD) dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa setempat. Terutama dalam pembangunan fisik sesuai kebutuhan masyarakat.
“Untuk pengelolaan DD saya pastikan digunakan secara transparan guna menunjang percepatan pembangunan Desa,”jelas Kepala Desa (Kades) Air Beliti Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas (Mura), Lukito kepada Harian Silampari, Jum’at (20/9).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa untuk penggunaan DD tahun 2019 sebagian besar disektor fisik. Diantaranya, tahap pertama pembangunan gorong-gorong sebanyak 3 unit di Dusun III tepatnya lokasi TPU. Sedangkan, direalisasikan untuk talud sepanjang 105 meter di Dusun III dan drainse sepanjang 401 meter di Dusun I-V.
“Kemudian untuk ditahap tiga direncanakan akan dibangun kembali drainase di Dusun III,”bebernya.

Menurutnya, untuk pembangunan fisik tersebut tidak serta merta begitu saja. Melainkan, melalui musyawarah Dusun (Musdus) dan dilanjutkan dengan musyawarah Desa (Musdes) sesuai skala prioritas masyarakat.
“Sebelum pengerjaan fisik terlebih dahulu kita musyawarahkan kepada masyarakat apa yang menjadi kebutuhan mendesak,”paparnya.

Selain itu, untuk pembangunan fisik tersebut bukan tanpa alasan. Seperti pembangunan drainase disamping agar aliran air lancar dan tidak menggenang tentunya sekaligus merawat jalan agar tidak mudah tergerus. Apalagi, jalan ini merupakan akses utama pintu ke Desa.

“Sedangkan, kalau talud untuk menahan badan jalan serta mencegah longsor. Mengingat, dibibir jalan terdapat rumah warga,”akunya.

Terlepas dari itu dirinya berharap, dengan adanya pembangunan infrastruktur dan maka nantinya dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat sesuai dengan pemanfaatannya.
“Intinya saya pastikan untuk penggunaaan DD di Desa Air Beliti akan dikelola secara transparan dan sesuai skala prioritas yang ada agar dapat tepat sasaran guna bisa dimanfaatkan secara bersama,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas (Mura), Christiandi Argani didampingi Kasi PMD, Fahmi mengapresiasi pengerjaan fisik melalui DD tahap dua Air Beliti bisa tepat waktu. Namun, kendati begitu ia menghimbau kepada masyarakat agar aset Desa yang telah dibangun untuk dijaga secara bersama-sama agar tidak rusak.
“Kami berharap pembangunan sarana dan prasarana Desa Air Beliti nantinya dapat digunakan masyarakat. Terutama dalam menunjang kelancaran aktifitas warga Desa,”pungkasnya. (HS-03)