Bangun Gedung Sanggar dan Galeri Seni

Silampari Online

MUSI RAWAS- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Mura akan membangun gedung sanggar dan galeri seni. Dimana, pembangunan tersebut akan direalisasikan tahun depan.

Muat Lebih

Hal ini disampaikan, Kepala Disbudpar Kabupaten Mura, Syamsul Djoko Karyono saat diwawancarai Harian Silampari, Rabu (16/10) diruang kerjanya.

Dijelaskannya, bahwa untuk tahun pihaknya akan membangun gedung sanggar tari ata galeri seni tepatnya disamping Kantor Disbudpar Mura. Dimana, untuk bangunan ini nantinya akan didesain pendopoan panjang, lesehannya.

“Pembangunan gedung ini menggunakan dana APBD yang dilengkapi dengan alat-alat kesenian yang sudah tersedia,”jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, gedung ini akan digunakan sebagai tempat perkumpulan para seniman, budayawan, pemuka adat untuk membahas dan bertukar pikiran tentang budaya, tradisi dan wisata lokal Mura.

“Gedung ini juga nantinya bisa dimanfaatkan kegiatan apapun dari organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab),”terangnya.

Menurutnya, pembangunan gedung dan sanggar seni ini tidak hanya untuk Kabupaten Mura saja. Melainkan, setiap Kecamatan dianjurkan ada balai seni.

“Memang selama ini gedung sanggar dan galeri seni belum tersedia. Termasuk di setiap Kecamatan,”bebernya.

Terlepas dari itu, dengan adanya fasilitas sanggar dan galeri seni ini maka dapat mengembangkan kesenian lokal Bumi Lan Serasan Sekentenan. Apalagi, saat ini kepengurusan pemuka adat sudah dibentuk sesuai dengan perda yang ada.

“Intinya kami berharap dengan adanya fasilitas ini maka dapat menunjang dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional,”ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pemuka adat Kecamatan Tuah Negeri, Rodi menyambut baik dengan adanya pembangunan gedung sanggar dan galeri seni oleh Disbudpar. Namun, ia berharap kedepan fasilitas tersebut juga dapat dibangun di Kecamatan ataupun Desa. (HS-03)