Bank SumselBabel Salurkan Bansos Untuk 20 Ribu KPM

Rencananya, dalam waktu dekat, 20 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid -19 akan menerima bantuan sosial (bansos) Kabupaten OKU

SILAMPARI ONLINE,– Rencananya, dalam waktu dekat, 20 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid -19 akan menerima bantuan sosial (bansos) Kabupaten OKU.

Semula bantuan ini disalurkan dalam bentuk paket sembako. Kini, bantuan tersebut diubah pemerintah dalam bentuk uang tunai. Nantinya, pencairan bantuan sosial kabupaten itu akan dilakukan Bank Sumsel Babel cabang Baturaja.

Bacaan Lainnya

Pemimpin cabang Bank Sumsel Babel Baturaja Dhanis Faisal melalui Kepala Bagian Umum Novrein mengungkapkan, 20 ribu KPM tersebut tersebar di 13 kecamatan. “Saat ini, kita masih menunggu data penerima bantuan dari Dinas Sosial OKU. Sejauh ini, kami baru menerima data dari Kecamatan Lengkiti,” kata Novrein.

Untuk mekanisme penyaluran, Novrein menjelaskan bantuan dalam bentuk uang akan ditempatkan ke rekening penerima bantuan. “Sedangkan jadwal penyaluran masih berkoordinasi dengan Dinas Sosial OKU,” jelasnya.

Masih kata Novrein, Bank Sumsel Babel Baturaja tidak meminta syarat kepada KPM terkait penyaluran bantuan sosial. “Tidak ada syarat. Yang penting KPM punya rekening Bank Sumsel Babel karena peran kita (Bank Sumsel Babel) hanya penyalur bantuan,” terangnya.

Dalam penyaluran bantuan ini, semua kantor cabang pembantu serta kantor kas Bank Sumsel Babel di Kabupaten OKU akan dilibatkan. Terutama untuk yang berada di kecamatan yang jauh dari kota Baturaja.

“Kita tidak menyediakan loket khusus di kantor cabang Baturaja supaya tidak terjadi penumpukan penerima bantuan,” bebernya.

Mengenai estimasi waktu penyaluran, Novrein mengatakan jika data dan jadwal yang disusun oleh Dinsos OKU selesai dalam waktu dekat, maka penyaluran tidak akan memakan waktu lama.

“Jika penjadwalannya teratur, saya rasa tidak akan lama. Karena kita memiliki kantor cabang pembantu dan beberapa kantor kas. Paling lama 3-4 hari penyaluran bantuan selesai,” pungkasnya. (lee/Okus)