Banpres Adakan Musdes RKPDes 2020

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Pemerintah Desa (Pemdes) Banpres Kecamatan Tuah Negeri menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Encana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2020. Dimana, tindak lanjut dari Musdes ini akan disampaikan ke tingkat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) melalui pihak Kecamatan.
“Untuk Musdes diikuti oleh perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pendamping Desa, pihak Kecamatan Tuah Negeri dan warga Desa,”jelas Kepala Desa (Kades) Banpres Kecamatan Tuah Negeri, Sugino kepada Harian Silampari, Senin (2/9).
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa Musdes bertujuan sebagai wadah sekaligus fasilitasi untuk bermusyawarah sesama warga terkait usulan pembangunan Desa tahun 2020 mendatang.
“Setiap usulan yang disampaikan warga kita tampung untuk nantinya dibahas kembali serta disampaikan ke pihak Kecamatan dan Kabupaten,”terangnya.
Menurutnya, dari hasil musdes tersebut setidaknya ada beberapa usulan yang disampaikan oleh warga. Diantaranya, Pembangunan Kantor Balai Desa, aspal jalan Desa sepanjang 2 kilo meter, jalan Kabupaten dan drainase.
“Memang setiap usulan kami tampung. Namuun, untuk realisasinya kita utamakan apa yang menjadi skala prioritas,”bebernya.
Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan dilaksanakannya RKPDES tahun 2020 ini maka baik Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten dapat merealisasikan apa yang menjadi usulan masyarakat khususnya infrastruktur dasar di Desa.
“Kami berharap walaupun tidak semua usulan bisa direalisasikan. Namun, setidaknya secara bertahap bisa dibangun,”ungkapnya.
Sementara itu, Camat Tuah Negeri Kabupaten Mura, Christiandi Argani didampingi Kasi PMD, Fahmi menjelaskan, untuk Musdes RKPDes 2020 akan diselenggarakan setiap Desa yang ada di wilayah Tuah Negeri. Dimana, kegiatan ini dilakukan guna menampung apa yang menjadi usulan pembangunan di Desa.
“Pada dasarnya usulan ini kita tampung untuk nantinya disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang dihadiri lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura,”pungkasnya. (HS-03)