Banyak Kendala, Baru 5 Sekolah Laksanakan UNBK

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Ternyata baru 4 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 1 Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Empat Lawang, yang siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari jumlah 35 SMP yang ada di kabupaten ini.

Hal tersebut dikarenakan masih banyak kendala-kendala seperti halnya jaringan, server dan listrik yang sering mati membuat sekolah-sekolah belum seluruh melaksanakan UNBK.

“Tidak semua sekolah yang melaksanakan UNBK tahun ini namun ada beberapa sekolah yang sudah siap UNBK yakni 5 sekolah diantara 4 SMP dan 1 MTs,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Rita Purwaningsih melalui Kabid Pembinaan SMP, Sayana dihubungi wartawan, Kamis (7/2).

Mengenai tidak bisa seluruh SMP UNBK lanjut Sayana, banyak kendala yang dihadapi seperti sarana dan prasarana, server, jaringan termasuk listrik yang sering padam karena ujian berbasis komputer tersebut membutuhkan daya listrik dan jaringan stand by.

“Untuk kelengkapan sarana tentu saja masih kurang di sekolah sehingga masih banyak di Empat Lawang ini sekolah yang belum bisa menerapkan UNBK sehingga masih pola lama,” jelasnya.

Kendati demikian Sayana menambahkan, Disdikbud Empat Lawang mentargetkan untuk 2020 setidaknya sudah 15 SMP bisa melaksanakan UNBK karena sarana dan prasarana pendukung sudah bisa dilengkapi bahkan di sekolah-sekolah ada yang sudah ada laptop namun kendala jaringan bahkan belum ada server.

“Namun itu sebatas target kemungkinan bisa melampaui target yang kita tentukan. Tentunya itu harapan kita,” tambahnya. (HS-05)