Baru 24.070 KPM Terima Bantuan Rastra

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Musi Rawas (Mura) memastikan untuk empat bulan pertama ditahun ini kuota keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) dari Kementriasn Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) baru terpenuhi sebanyak 24.070 KPM dari kuota yang ditetapkan Kemensos 24.114 KPM.

Muat Lebih

Dimana, hal tersebut dikarenakan finalisasi data KPM Rastra November 2018 lalu saat dilakukan cut by sistem oleh Pusdatin.

“Untuk empat bulan penyaluran tahap pertama di 2019 ini, kuota KPM Rastra ini baru 24.070 KPM, dari kuota yang seharusnya sebanyak 24.114 KPM. Artinya masih 44 KPM lagi yang belum perpenuhi,”jelas Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mura, Agus Susanto melalui Kasi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Yuni kepada Harian Silampari, Senin (15/4) diruang kerjanya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, berdasarkan usulan dari Desa kuota KPM Rastra terjadi kelebihan hingga 800 KPM. Sehingga dilakukan entri oleh Pusdatin Kemensos untuk nantinya akan kembali diusulkan.

“Untuk usulan melalui sistem dan berdasarkan informasi dari Pusdatin Kemensos aplikasi dalam pengusulan pemenuhan kuota ini baru akan dibuka pada 15 April mendatang,”terangnya.

Menurutnya, hingga saat ini ada beberapa Desa yang tidak melakukan verifikasi ulang data KPM Rastra kendati sebelumnya telah dikeluarkan surat edaran (SE), himbauan dan pemberitahuan ke Desa serta Kelurahan.

“Ada beberapa Desa yang tidak melakukan verifikasi atau perubahan data KPM Rastra seperti di Kecamatan Muara Lakitan, BTS Ulu dan Muara Kelingi,”bebernya.

Selain itu, untuk penyaluran Rastra kepada KPM yang seharusnya dilakukan setiap bulannya. Namun untuk awal 2019 ini disalurkan langsung sekaligus untuk empat bulan pertama. Dimana, adanya keterlambatan penyaluran dikarenakan adanya keterlambatan pula dalam verifikasi data KPM.

“Untuk per-KPM menerima sebanyak 10 Kg dan distribusi dilakukan oleh Bulog langsung ke titik Desa penerimanya yang diteruskan dari Desa ke KPM itu gratis. Sehingga, bilamana ada yang masih melakukan pemungutan biaya dalam pengambilan Rastra bagi KPM maka diminta untuk melaporkannya ke Dinsos,”pungkasnya. (HS-03)