Baru Satu Balon Tunjuk Operator Silon

Silampari Online

REJANG LEBONG- Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) baru menerima satu kandidat pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan maju dari jalur perseorangan yang telah menunjuk operator Sistem Informasi Pencalonan atau Silon. Sedangkan, untuk calon dari jalur yang sama belum melakukan penunjukkan.

Muat Lebih

“Baru satu pasangan bakal calon (Balon) yang telah menunjuk satu orang sebagai operator Silon. Sedangkan untuk Balon lainnya yang akan maju dari jalur perseorangan belum ada,”kata Komisioner KPU Rejang Lebong, Fahamsyah Kamis (9/1).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, adapun bakal calon yang sudah menunjuk operator Silon tersebut yakni pasangan Samsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah (Sahe) kendati yang bersangkutan ini juga mencalonkan diri melalui jalur Partai Politik (Parpol).

“Penunjukan operator Silon untuk calon perseorangan ini dengan pemberian mandat oleh kandidat kepada KPU. Sehingga operator Silon ini nantinya akan mendapatkan username akun Silon yang akan digunakan mengunggah syarat dukungan pencalonan,”jelasnya.

Menurutnya, penunjukan operator Silon dilaksanakan sebelum proses tahapan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan ke KPU RL yang dilakukan sejak 19 hingga 23 Februari mendatang.

“Syarat untuk mendapatkan akun Silon yang berupa username dan password resmi dari KPU. Dimana, masing-masing orang yang ditunjuk harus mendapatkan mandat resmi dari bakal calon yang akan maju dari jalur perseorangan tersebut,”bebernya.

Mengenai persyaratan untuk maju dari calon perseorangan dalam Pilkada serentak 2020 sendiri. Maka diakui masing-masing kandidat harus mendapatkan dukungan minimal 20.334 dukungan masyarakat atau 10 persen dari jumlah DPT Pemilu 2019 lalu.

“Termasuk harus memiliki sebaran minimal 55 persen atau delapan Kecamatan dari 15 Kecamatan di RL,”pungkasnya. (bdr)