Baswalu Mura Siap Tegur Petahana

SILAMPARI ONLINE,

MUSI RAWAS-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Musi Rawas lebih memperketat pengawasan Pilkada Musi Rawas, 9 Desember 2020, setelah semua kandidat ditetapkan sebagai peserta pemilu. Lembaga ini berjanji tidak akan tebang pilih dan bersikap netral dalam pengawasan. Tak terkecuali Petahana H Hendra Gunawan yang berpasangan dengan Mulyana.
“September ini, Pendaftaran calon kepala daerah. Kami akan meningkatkan pengawasan agar Pilkada Musi Rawas 2020 berlangsung sesuai aturan,” tegas Hermansyah, Anggota Komisioner Divisi HPP Bawaslu Mura, Kamis (13/8/2020) kepada Silampari Online.

Bacaan Lainnya

Setelah penetapan calon, sambung dia, Petahana yang akan melakukan kampanye harus cuti dari jabatannya. Namun, bisa menjalankan tugas sebagai kepala daerah seperti biasa.
“Hanya cuti saat kampanye,” ujarnya.

Beranikah Bawaslu menegur Petahana di lapangan ? Dia menegaskan, pihaknya sudah mendidik sumber daya manusia (SDM) agar tetap berani menjalankan tugasnya sesuai aturan berlaku. “Kalau Petahana melakukan pelanggaran saat kampanye, Kita siap tegur. Bila tidak diindahkan, maka dijadikan temuan pelanggaran,” tandasnya.

Petugas Bawaslu Musi Rawas hanya menjalankan aturan sesuai Uu nomor 10 tahin 2016 tetang pemilihan kepala daerah dan aturan bawaslu. “Petahana yang melanggar aturan Pilkada, sanksi bisa gugur dalam pencalonan,” tegasnya. (Silampari Online)