Baterai Lampu Tenaga Surya Dicuri Oknum

HILANG - Tempat Baterai lampu jalan tenaga Surya di Danau Bermani atau Danau Talang Kering hilang dicuri orang tak dikenal. Foto diambil Rabu (7/8).

REJANG LEBONG- Ada-ada saja dilakukan oknum tak bertanggungjawab ini. Bayangkan, baterai lampu penerangan tenaga Surya di kawasan Danau Talang Kering (Talker) atau Danau Bermani, di Desa Pahlawan, Kecamatan Curup Utara hilang dicuri.

Akibatnya lampu bertenaga surya atau solar cell banyak yang tidak berfungsi, karena baterai penyimpan energinya telah hilang.

“Kita tidak tahu lampu tersebut kewenangannya siapa? Sedangkan hingga saat ini lampu itu tidak diserah terimakan ke kita,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kabupaten Rejang Lebong, Zulkarnain pada Harian Silampari, Rabu (7/8).

Tak hanya di Danau Talang Kering, lampu penerang jalan di kawasan lain juga tidak diketahui pemiliknya. Seperti di Taman Makam Pahlawan. Kemudian di jalan menuju wisata Suban Air Panas, jembatan Air Rambai Curup. Meskipun lampu tersebut berada di wilayah Rejang Lebong, namun pihaknya tidak bisa melakukan pemeliharaan terhadap lampu-lampu tersebut karena kewenangan itu belum diterima pihaknya.

“Kita akan buat surat ke PTSP Provinsi Bengkulu untuk mencari tahu siapa pemiliknya,sehingga dapat dilakukan pemiliharaan ” terang Zulkarnain.

Sementara lampu penerang jalan yang menjadi tanggung jawab DPM PTSP saat ini jumlahnya mencapai 2.900 titik. Setiap tahunnya dilakukan perawatan rutin. Sehingga begitu ada kerusakan dapat diperbaiki dengan dana rutin perawatan dan pemeliharaan bersumber dari dana APBD Rejang Lebong setiap tahun.(HS-06)