Bawa Ganja 1/2 Kg, Deni Terpaksa “Merantau” ke BNN Provinsi

TUNJUK : Tersangka Deni Hariyanto (34) saat menunjuk barang bukti ganja miliknya di kantor BNN Kabupaten Empat Lawang, Kamis (19/9/2019). Foto : Fahrurozi/HS.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Baru pulang merantau dari Tanggerang, Provinsi Banten, Deni Hariyanto (34) warga kelahiran Jambi yang tercatat sebagai warga Desa Lampar Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, terpaksa kembali “merantau”. Kali ini “merantau” ke BNN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), di Palembang, Kamis (19/9/2019).

Deni harus menjalani proses hukum di BNN Provinsi Sumsel, karena kedapatan tim BNN Kabupaten Empat Lawang, membawa Narkoba jenis Ganja sebanyak 1/2 kilogram (kg), saat melintas menggunakan sepeda motor di Jalan Lintas Provinsi Tebing Tinggi – Talang Padang, tepatnya di Jembatan Limous Desa Ulak Dabuk Kecamatan Talang Padang, Rabu (18/9/2019) sekira jam 17.30 WIB.

“Ya, tersangka ini akan kita bawa terlebih dahulu ke BNN Provinsi Sumsel. Kalau proses penyidikannya tetap BNN Kabupaten Empat Lawang, yang tangani,” ungkap Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, AKBP Syahril SH.

Diceritakannya, penangkapan tersangka bandar Narkoba ini, bermula saat BNN Kabupaten Empat Lawang mendapat informasi masyarakat, bahwa sering terjadi transaksi Narkoba di Kecamatan Talang Padang. “Dari informasi itu dilakukan penyelidikan dan diketahui bahwa yang biasa bertransaksi Narkoba di kecamatan itu adalah tersangka,” jelasnya.

Selanjutnya dilakukanlah pengintaian terhadap tersangka Deni. Bahkan, tim BNN Kabupaten Empat Lawang, yang langsung dipimpin dirinya, membentuk 2 tim untuk menciduk tersangka agar tidak lolos dari sergapan.

“Satu tim mengikuti tersangka dari belakang dan satu tim ditempatkan di Jembatan Limous. Saat tersangka melintas di jembatan, kita langsung sergap dan didapati barang bukti dari tersangka Narkoba jenis ganja yang dibugkus di dalam boks bawa jok motor yang dikendarainya,” kata Syahril.

Berdasarkan barang bukti itu, tersangka langsung diamankan dan dlakukan penyitaan barang bukti berikut sepeda motor jenis matic dan dua unit hp yang digunakan tersangka untuk transaksi Narkoba. “Tersangka kita amankan di sel tahanan kantor BNN Kabupaten Empat Lawang, selanjutnya pada hari ini kita bawa yang bersangkutan ke BNN Provinsi, guna pengembangan,” ucapnya.

Menurut AKBP Syahril, warga selama ini sudah sangat resah dengan peredaran Narkoba di Kecamatan Talang Padang. Warga lanjut dia, resah karenan takut anak-anak mereka menjadi pemakai Narkoba. “Oleh karena itu kita melakukan tidakan tegas kepada para pengedar seperti tersangka yang kita tangkap kali ini,” tukasnya. (HS-05)