Bawaslu Minta PKD Perketat Pengawas di Daerah Perbatasan

SILAMPARI ONLINE,

MUSI RAWAS-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Musi Rawas meminta Pengawas Kelurahan Desa (PKD) memperketat mengawasi kegiatan pencocokan penelitian (Coklit) di daerah perbatasan. Khususnya di Musi Rawas dan Empat Lawang, tepatnya perbatasan Muara Saling.

Bacaan Lainnya

“Di perbatasan Muara Saling ini, sulit ada tanda pembatasnya. Jadi PKD harus lebih tingkatkan pengawasannya,” tegas Hermansyah, anggota Komisioner Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Musi Rawas, Kamis (23/7/2020), usai Bimtek Pengawasan, Pemuktahiran Data Pemilih Pada Pilkada Mura 2020.

Lanjut dia, pihaknya sangat mengharapkan kepada petugas PKD dalam mengawasi coklit harus sesuai prosedur dan data di lapangan. Misal, ada data dibawah umur masuk dalam daftar, pemilih yang sudah meninggal terdata dan lain lain. “PKD ini bisa dikatakan ujung tombak dalam pengawasan coklit, sebab mengawasi dari pemilih di desa,” ucapnya.

Setelah data pemilih yang diolah KPU berbentuk Daftar Pemilih Sementara (DPS), barulah data itu akan disampaikan ke Bawaslu Musi Rawas guna dilakukan pengawasan lebih ketat lagi. Agar, pemilih yang benar benar memiliki hak suara bisa menyalurkannya pada Pemilu 20 Desember 2020 mendatang.
“Kami minta PKD jangan mewakilkan pada orang lain, supaya pengawasan coklit memang benar dan tepat,” pintanya. (Jainal/Silampari Online)