oleh

Bawaslu Mura Gelar Rakor Penanganan Pelanggaran Pemilu

-Musi Rawas, news-348 Dibaca

#Sekaligus Laksanakan Bimtek Penyelesaian Sengketa Pemilu

Silampari Online,

Bertempat di Hotel Dewinda Kota Lubuklinggau, Selasa (2/4) dan Rabu (3/4) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Pelanggaran Pemilu dan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penyelesaian Sengketa Pemilu serta Simulasi Pungut Hitung Pemilu. Tujuannya, untuk memperkuat integritas anggota pengawas dan ketepatan mereka dalam menyelesaikan sengketa secara cepat di lapangan pada momentum Pemilu nanti.

Kepala Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhra Kirana mengatakan, bahwa pihaknya kegiatan rakor penanganan pelanggaran pemilu dan bimtek penyelesaian sengketa pemilu serta simulasi pungut hitung pemilu diikuti oleh 14 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Mura.

“Materi yang diberikan yakni terkait penanganan temuan pelanggaran, laporan pelanggaran pemilu serta penanganannya,”jelas Reni sapaan akrabnya kepada Harian Silampari, Rabu (3/4).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, tujuan dengan adanya kegiatan ini yakni untuk membekali panwascam agar siap dalam penindakan pelanggaran yang diterima dari laporan serta menindaklanjuti temuan dalam sengketa tersebut.

“Untuk saat ini bola panas masih di KPU. Akan tetapi, nanti akan bergeser ke Bawaslu. Sehingga, untuk itu kami terus membekali panwascam menghadapi semua kemungkinan yang ada,”terangnya.

Selain itu, pihaknya juga menekankan agar para panwascam dapat melakukan tugas sebagai pengawas dengan mengutamakan pencegahan sebelum penindakan. Sehingga, dengan adanya kegiatan ini maka bisa memperkuat integritas anggota pengawas dan ketepatan mereka dalam menyelesaikan sengketa secara cepat di lapangan pada momentum pemilu nanti.

“Kita minta tindak lanjuti laporan dan temuan sesuai aturan yang ada,”ucapnya.

Terlepas dari itu, pemilu serentak 2019 berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Sehingga, dengan begitu maka pihaknya akan terus memperkuat integritas seluruh Panwascam pada tingkat Kecamatan dengan materi-materi yang telah diberikan sebagai bekal atau persiapan menghadapi pemilu nanti.

“Intinya kami berharap Pemilu 2019 ini dapat sukses, aman, tidak anarkis, jujur, adil kendati sengketa pemilu itu ada di setiap daerah dan kami harus siap terhadap kemungkinan apapun,”pungkasnya. (HS-03)