Bayi Dibuang Diduga Lahir Prematur

Mayat bayi laki-laki divisum

*Polisi Selidiki Siapa Pelaku

REJANG LEBONG-Polisi terus menyelidiki penemuan mayat bayi dibuang di tempat sampah di Jalan Syarif Kelurahan Talang Rimbo Baru, Kecamatan Curup Tengah, Minggu (1/9).

Mayat bayi berjenis kelamin laki-laki itu pertama kali ditemukan oleh seorang pencari barang bekas, Amroni pada pukul 11.45 WIB.Kondisi bayi malang itu yang masih berlumuran darah dan tali pusar yang belum dipotong, saat ditemukan terbungkus dengan kain bercorak batik dalam kantong plastik warna hitam dalam kardus mie instan.

“Kita masih melakukan penyelidikan pelaku yang tega membuang bayi tersebut. Selain telah memintai keterangan sejumlah saksi yang diduga mengetahui pelaku pembuangan bayi itu termasuk juga memeriksa sejumlah CCTV yang berapa di sekitar lokasi penemuan mayat bayi.Pelaku pelaku pembuangan bayi ini masih dalam proses pengembangan, kita berharap pelakunya bisa segera terungkap,” kata Kasatreskrim Polres Rejang Lebong, AKP Andi Kadesma S.Ik pada Harian Silampari, Senin (2/9).

Sementara itu, fakta baru terungkap. Saksi mata Murni (54) warga tinggal di sekitar lokasi penemuan mayat bayi mengaku jika bayi laki-laki itu terlahir Prematur. Ini bisa dilihat dengan ukuran bayinya yang masih kecil, dan kemungkinan digugurkan.

“Tadi sempat melihat mayat bayinya, ukurannya kecil kemungkinan lahir prematur. Setelah ditemukan tadi, tidak lama langsung datang polisi dan kemudian dibawa ke RSUD Curup,” kata Murni.

Senada diungkapkan Direktur RSUD Curup, drg Asep Setia Budiman. Ia membenarkan RSUD Curup menerima mayat bayi diduga lahir Prematur. Bahkan menurut, Asep, sapaannya kemungkinan bayi itu lahir Prematur karena diduga akibat aborsi. Namun Asep belum bisa memastikan apakah benar akibat aborsi atau tidak, karena masih menunggu hasil pemeriksaan petugas medis.

“Memang benar kita menerima ada mayat bayi, namun secara detailnya bagaimana saya belum dapat laporan, tapi saya sudah memerintahkan dokter di IGD untuk melakukan visum dan hasil visumnya sudah diberikan ke polres Rejang Lebong,” jelas Asep.(HS-06)