Belajar Kolase “Sobek Lalu Tempel”

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : ELPAN/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>KOLASE : </strong> Anak Didik PAUD Bina Insani ketika menunjukan hasil kerja mereka yakni membuat Kolase

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Kolase adalah seni menempel potong-potongan kecil dari kertas (biasanya kertas warna) atau apa saja yang bisa ditempel seperti kancing atau yang lainnya, ke suatu bidang yang sudah ada pola gambarnya. Sederhananya, kolase dikenal dengan kegiatan ‘sobek lalu tempel’, atau ‘gunting lalu tempel’.

Muat Lebih

Membuat karya kolase tidaklah sulit anak TK/PAUD pun bisa melakukannya. Hal itu bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, mengembangkan motorik halus, koordinasi tangan dan mata, mengeksplorasi kegunaan baru dari berbagai macam kertas dan mempelajari tentang konsep-konsep desain dari pola, penempatan, ukuran dan bentuk.

Salah satu PAUD yang menerapkan pembelajaran kolase yakni PAUD Bina Insani. Guru PAUD mengajarkan dan mengembangkan kreativitas.

“Anak juga bisa lebih mengenal konsep warna, pola dan bentuk, melatih ketekunan dan kepercayaan dirian,ketelitian dan kesabaran,”kata kepala PAUD Bina Insani Siti Aisyah melalui Khoirunisah.

Dikatakannya, setiap anak diminta membentuk suatu karya seni dua dimensi. Biasanya kegiatan ini dilakukan di tengah atau di puncak tema kegiatan pembelajaran.

“Alhamdulilah setiap melakukan kegiatan ini, anak-anak terlihat sangat senang dan tidak mudah bosan. Selain teknik kolase, ada juga membuat gambar dengan teknik mozaik dengan berbagai bentuk (lingkaran, segitiga dan lain-lain) dan membuat gambar dengan teknik Montase dengan berbagai gambar (kertas, koran, kain perca dan lain-lain),”jelasnya.(HS-02)