Belajar Membatik ke Pekalogan

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : RISHAHUDI/HARIAN SILAMPARI</div></small> Lia Mustika Syarif

Silampari Online,

MURATARA – TP PKK Kabupaten Muratara melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Pekalongan. Guna memperdalami ilmu dalam hal pembuatan kain batik.

Muat Lebih

Ketua TP-PKK Kabupaten Muratara Lia Mustika Syarif berterimakasih kepada pihak pemklab pekalongan yang telah menerima dan menyambut mereka dengan baik.

“Alhamdulillah kunker kita disambut baik pemerintah Kabupaten Pekalongan. Disambut langsung Bupati Kabupaten Pekalongan diwakili Ibu Sekda Hj Mukaroman Syakoer, lalu Kadin Pariwisata, Kadin Pertanian, Kadin DPMD serta para TP-PKK Kabupaten Pekalongan,”jelasnya.

Kunjungan mereka demi belajar dan melihat langsung bagaimana proses pembuatan kain batik dengan teknik tertulis, cap, printing, kemudian berbagi ilmu bagaimana peran pemerintah dan TP-PKK dalam mengembangkan UMKM pada masyarakat.

“Insya Allah ilmu yang kami peroleh atau kami dapatkan akan diterapkan, sehingga terciptanya UMKM-UMKM baru yang bisa menopang perekonomian masyarakat,”harapnya.

Ia optimis dengan SDA Muratara yang kaya akan hasil alamnya, akan berpotensi terciptanya kerajinan-kerajinan baru dan wisata baru.

“Di penghujung kegiatan kami bertukar cindra mata, dengan bangga saya perkenalkan kain jumputan dengan pewarnaan alam asli khas Muratara dan kalung, ada corak batu teratai, batu lumut merah yang telah di rangkai dengan indah oleh para pengrajin dari Suku Anak Dalam (SAD) asal Muratara, kecuali kalung itu saya rangkai sendiri, mereka senang dan seperti tak percaya jika itu di rangkai oleh SAD Muratara,”ujarnya.(HS-04)