Belasan Santri Ar Risalah Positif Covid 19, Ustadz M Atiq Fahmi : Siapkan Rumah Sehat untuk Isolasi Mandiri

Silampari online-Menanggapi berita yang beredar tentang Santri yang terkinformasi Terpapar covid 19 Ustad Fahmi atiq melakukan Pers  Relase didepan awak media beliau menjelaskan Jumlah santri Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Risalah Lubuklinggau yang positif Covid-19 sebanyak 15 orang. Sementara itu, jumlah yang diswab 72 orang, 22 orang negatif, dan sisanya 35 orang masih masih menunggu hasil uji lab di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

Senin 14 september 2020 bertempat di Halaman ponpes Ar Risallah.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Lubuklinggau, Hj Darlela dalam konferensi pers di Ponpes Ar Risalah menjelaskan, awalnya Selasa (8/9/2020) pihaknya bersama Puskesmas Citra Medika melakukan pemeriksaan kesehatan santri.

“Kami bersama sama dengan dr Dwi dari Puskesmas Citra Medika  melakukan Pengecekan rutin dari dinas kesehatan Lubuklinggau untuk mengecek kesehatan santri yang ada di Pondok Pesantren Ar-Risalah,” jelasnya.

Petugas pun melakukan  pengecekan  kesehatan anak-anak mulai dari yang ada keluhan saja  kemudian dilakukan swab secara mandiri ,kemudian hasilnya diketahui ada satu yang positif, sehingga dilakukan tracking kembali dilanjutkan di hari berikutnya dilakukan Swab sebanyak 72 santri dari pemeriksaan nya hasil 37 yang keluar.

“Positif 15 santri, negatif 22 sisanya masih menunggu hasil dari balai besar laboratorium kesehatan palembang,” ujarnya.

Untuk semua santri yang positif sudah ditempatkan di tempat isolasi yakni rumah sehat di dalam komplek ponpes.

“Wali murid kami harapkan tidak khawatir pihak Ponpes sangat peduli dengan kondisi anak-anak didik. Mereka sudah diletakkan di rumah sehat, di lakukan isolasi mandiri,ponpes akan menjamin jaga kesehatan, dan dipantau oleh puskesmas,” katanya.

Sementara itu  Kepala Puskesmas Citra Medika dr Dwi mengatakan, dengan kondisi alhamdulilah sehat. Mereka sebagian besar tanpa gejala dan bergejala ringan hanya pilek ringan saja untuk sementara kami juga himbau untuk santri di Ponpes tidak diperbolehkan pulang dahulu.

“Insha allah  Mereka disini di layani dgn baik untung sementara waktu  lebih baik berada di Ponpes Ar Risalah karna pihak ponpes telah menyediakan Rumah sehat yang bersinergi dgn dinas kesehatan,” terangnya.

Pimpinan Ponpes Ar Risalah, Ustadz M Atiq Fahmi menjelaskan, bahwa awalnya pihak ponpes mereka Khawatir namun setelah ada penjelasan dari Dinkes dan Puskesmas, mereka bisa melakukan langkah-langkah untuk penanganan.

Untuk Yang terbukti positif kami akan  diisolasi mandiri, dirumah sehat yang telah disiapkan jadi diharapkan wali murid dan orang tua untuk tidak cemas dan khawatir karena insha allah anak anak didik disini.

“Kami layani dengan standarisari covid karna kami disini juga bersinergi dengan tim kesehatan kota lubuklinggau,” tutupnya. (Rah Jainal)