oleh

Belasan Warga Beramai-Ramai Daftar Nyalon Kades

-Muratara, Politik-265 Dibaca

Silampari Online 

MURATARA- Antusias warga Desa Noman Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, mengikuti pemilihan kepala desa cukup tinggi. Sejak pendaftar calon Kepala Desa (Kades) dibuka pada 7 Juni 2021 lalu, 11 warga ikut mencalonkan diri.

Kades Desa Noman Baru dan Desa Karang Dapo I, saat ini dipegang pejabat sementara (Pjs) hasil penunjukan dari Pemerintah Daerah, karena pejabat sebelumnya meninggal dunia.

M Yunus, warga Desa Noman Baru mengatakan semakin banyak peserta yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tentunya semakin bagus. Karena dengan begitu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pilihan dengan penilaian yang beragam.

“Tapi dari 11 peserta yang saat ini mendaftar nantinya akan disusut lagi menjadi tiga peserta. Katanya akan di seleksi lagi dan melalui beragam tes kompetensi,”kata Yunus.

Sementara itu, Kepala DPMDP3A Hj Gusti Rohmani melalui Kabid Pemdes Zulyan Putra mengatakan, untuk panitia pelaksana pemilihan kades kedua desa tersebut sudah terbentuk. Saat ini sedang tahapan pendaftaran bakal calon, 7-21 Juni 2021.

“Sistem pemilihan mengacu pada Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 37 tahun 2021 tentang pergantian antar waktu (PAW). Sesuai dengan aturan, ada dua opsi pemilihan yaitu secara musyawarah mupakat dan pemilihan atau sistem keterwakilan,”pungkasnya. (Sumeks.co.id)