Belum Tentukan Jumlah Kadar Zakat Fitrah

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : FAHRUROZI/HARIAN SILAMPARI</div></small> Kasi Bimas Kemenag Empat Lawang, Syaifullah Razak

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang, belum menetapkan berapa jumlah besaran zakat fitrah untuk 1440 H/2019 M.

Muat Lebih

“Untuk jumlah besaran Zakat Fitrah kita belum bisa menentukan karena itu akan kita rapatkan dahulu, dan nanti segera akan kita umumkan kemasyarakat,” kata Kasi Bimas Kemenag Empat Lawang, Syaifullah Razak, kemarin.

Dikatakannya, memang sudah banyak daerah lain yang sudah mengumumkan berapa jumlah pasti uang yang harus dibayar apabila masyarakat ingin membayar zakat menggunakan uang tunai.

“Palembang mereka sudah menentukan, kalau kita isya Allah senin atau selasa ini sudah diputuskan,” jelasnya.

Masih dikata Syaifullah, Zakat Fitrah berfungsi untuk mensucikan harta yang dimiliki seseorang dari segala kotoran yang selama ini terkumpul saat bermuamalah dengan sesama manusia.

“Iya, zakat fitrah didalam islam hukumnya wajib dikeluarkan agar harta yang kita miliki selama ini bisa suci dengan membayar zakat, yaitu dengan beras ataupun diganti dengan uang tunai,” ungkapnya.

Sementara itu ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Empat Lawang, H Andi Azis S mengakui memang belum menggelar rapat untuk penentuan nilai zakat fitrah di tahun ini 1440 H/2019 M.

“Insyaallah senin atau selasa ini Kantor Kemenag dan lembaga islam serta tokoh-tokoh lintas agama akan mengadakan rapat, penetapan kadar zakat fitrah untuk wilayah Kabupaten Empat Lawang dan hasil rapat akan kita umumkan segera ke masyarakat,” ujarnya. (HS-05).