BEM se-Sumsel Demo di Halaman Kantor Gubernur

SILAMPARI ONLINE

Palembang
– Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sumatera Selatan menggelar aksi unjuk rasa terkait kebakaran hutan dan lahan. Aksi digelar saat Palembang diselimuti kabut asap.

Aksi digelar di halaman kantor gubernur Sumsel, Jalan Ahmad Rivai Palembang. Mahasiswa menuntut Pemprov Sumsel mengatasi persoalan kabut asap.”Kami datang untuk meminta gubernur menindak tegas kebakaran hutan atau lahan di Sumsel. Tindak tegas seluruh perusahaan yang terlibat,” ucap korlap aksi, Mirandi, saat orasi di depan Wakil Gubernur, Mawardi Yahya, Selasa (17/9/2019).
Mahasiswa menyebut kebanyakan lahan yang terbakar dikuasai oleh perusahaan. Namun hanya rakyat kecil yang ditangkap.
“Mayoritas lahan ini dikuasai korporasi, dikuasai perusahaan, tapi kenapa yang ditangkap hanya rakyat kecil? Di mana keadilan pemerintah,” katanya.

Muat Lebih

Sementara Gubernur Mahasiswa FMIPA Universitas Sriwijaya, Gulam Zakia, mengaku kecewa terhadap pemerintah dan penegak hukum. Sebab, kabut asap di Bumi Sriwijaya hanya tak muncul saat Asian Games.

“Baru kemarin ada Asian Games, aman, tahun ini sudah kabut asap lagi. Coba kita lihat ini kita diselimuti kabut asap. Kita aksi di tengah asap, ini asap, asap,” kata Gulam.