Beras Sejahtera Terlambat Dibagikan

BERAS : Sejumlah masyarakat di Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang saat menurunkan karung-karung beras dari truk, Kamis (8/8). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE– Sebanyak 30 ton beras sejahtera (Rastra), bantuan sosial pemerintah disalurkan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Empat Lawang, ke Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang, Kamis (8/8).

Bantuan Rastra ini untuk disalurkan ke Keluarga Penerima Manfaar (KPM) di 13 desa dalam wilayah Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang. Plt Kepala Dinsos Kabupaten Empat Lawang, Bambang Irawan melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Fafif fortuna memastikan, penyaluran bantuan sosial Rastra ke KPM di kecamatan itu gratis atau tanpa dipungut bayaran sepeserpun.

Bacaan Lainnya

Disampaikannya, realisasinya bantuan sosial Rastra itu juga merupakan realisasi untuk lima bulan, yakni Januari sampai dengan Mei 2019. “Jadi, KPM menerima langsung lima karung untuk lima bulan, setiap karung berisi 10 kilogram beras,” jelas Fafif kepada wartawan, Jum’at (9/8/2019).

Dia menyebut, penyaluran Rastra di Kecamatan Talang Padang, memang terjadi keterlambatan karena ada penundaan penyaluran akibat kesalahan dalam pendataan. “Untuk kecamatan lain sudah semua, tinggal Kecamatan Talang Padang saja yang belum. Makahya kemarin kami salurkan langsung lima bulan,” cetusnya.

Lebih lanjut Fafif mengimbau, bagi masyarakat yang belum menerima bantuan sosial, padahal berhak menjadi penerima, segera diusulkan ke pihaknya. Tentu saja dengan membawa syarat-syaratnya. “Silahkan mengusulkan dengan syarat membawa keterangan miskin atau tidak mampu dari kades,” tukasnya. (HS-05)