Biasanya Jaringan Internet ‘Lemot’ Saat Pendaftaraan CPNS

Warnet siap 24 jam beroperasi ketika masa pendaftaran tes cpns yang dimulai pada 11 November 2019 ini.

SILAMPARI ONLINE

LUBUKLINGGAU – Salah satu pemilik warung internet (warnet) Zilog Net Tio yang ada di Lubuklinggau menanggapi tentang bagaimana kesiapan dari warnet dalam menyambut tes CPNS tahun 2019.

Muat Lebih

Pemilik warnet mengaku, mereka tidak ada persiapan khusus, mengingat jumlah pengunjung, berdasarkan pengalaman tes cpns sebelumnya hanya berkisar 3 hingga 10 orang saja. “Kita tidak ada persiapan khusus,”ungkap Tio kepada Harian Silampari, Kamis (31/10/2019). Pengunjung yang datang, tidak semuanya menggunakan warnet berlama-lama, terkadang hanya men-scan data, ataupun membuka link pendaftaran CPNS. Namun Tio melihat, jika saat tes cpns nanti diperkirakan banyak ke warnet, diinya akan menambah komputer. “Kalau meningkat saya tambah, kalau tidak ya tidak,”kata Tio.

Berdasarkan pengalaman, yang menjadi kendala adalah lemot (lambat)lnya jaringan internet ketika hendak mendaftar. Menurutnya hal itu wajar, karena jutaan manusia pasti juga menggunakan internet untuk mendaftar. “Mengakalinya, pengunjung terkadang datang tengah malam, kalau malam tidak lelet,” beber Tio.

“Kalau untuk tahun kemarin kita siap, kalau tahun ini kita belum bisa memprediksinya. Tapi kita selalu siap 24 jam,” jelasnya. Tio mengungkapkan, kalau untuk tarif warnet perjam nya tidak akan naik, kalau sama seperti biasanya karena kalau dinaikan nanti jadi sepi pengunjung. Sementara sekarang inikan semua warga bisa mengakses internet dengan mudah, bisa melalui hp malahan ada beberapa rumah sudah menggunakan wifi sendiri. “Jadi kami tidak akan menaikan tarif warnet, masih seperti biasa 1 jam tiga ribu rupiah,” ungkapnya.

Ditanyai tentang keuntungan yang didapat tahun kemarin dari pengujung yang mendaftarkan CPNS, Tio mengatakan. “Alhamdulilah tidak terlalu banyak tetapi pemasukannya naik dari hari biasanya,” ujarnya.  Salah seorang Warga Batu Urip Taba, Ana (30) berharap pada tes cpns ini jarngan internet tidak lelet. “Ya kita sama-sama tahu, jutaan orang dihari yang sama akan menggunakan internet hanya untuk mendaftar tes cpns, kita berdoa saja, jaringannya tidak lelet,”harapnaya.

Jikalau lelet, maka seperti pengalaman Ana sebelumnya, bergadang tengah malam. “Tes CPNS sebelumnya saya pernah jam 1 baru bisa stabil jaringannya, moga aja tahun ini tidak lagi,”pintanya. Kali ini, Ana kembali mencoba peruntungannya, ia yang merupakan S1 jurusan komputer akan kembali ikut tes. “Ya kalau ada jurusannya saya akan kembali mencoba,semoga lancar dan lulus,”pungkasnya.

laporan Fahri

Editor : Agus Hubya Handoyo