oleh

Bingung Penetapan Status Zona COVID-19, Ini Penjelasan Dinkes Musi Rawas 

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menjelaskan soal zona yang didasari warna-warna, dari merah hingga hijau.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Mura, H Edi Iswanto melalui Kepala Bidang (Kabid), P2L Edward mengatakan bahwa berdasarkan Surat Edaran Nomor 440/869/DINKES/2021, tentang pelaksanaan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) selama menjalankan ibadah puasa ramadhan 1442 Hijriah.

Dikatakannya, bahwa dalam surat edaran tersebut bahwa penetapan pelabelan warna pada suatu wilayah didasari surveilans epidemiologi (Tarcking/Testing/Treatment)

1. Zona Hijau dengan kriteria tidak ada kasus Covid19 di satu RT, maka skenario pengendalian dilakukan dengan surveilans aktif, dimana seluruh suspec di tes dan dilakukan pemantauan kasus secara rutin dan berkala.

2. Zona Kuning dengan kriteria jika terdapat 1 (satu) sampai dengan 2 (dua) dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 (tujuh) hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspec dan pelacakan kontak erat.

3. Zona Orange dengan kriteria jika terdapat 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 (tujuh) hari terakhir.

4. Zona Merah dengan kriteria jika terdapat lebih dari 5 (Lima) rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 (tujuh) hari terakhir.

“Peta zonasi risiko dibuat menggunakan semua indikator ini berbasis pada data pencatatan di mana sumbernya adalah data surveilans  yang dicatat Dinkes,”tutup Edward. (Musyanto)